Warga Perumahan BCP 2 Keluhkan Penanganan Sampah yang Terbengkalai

oleh

SERANG – CompasKotaNews.com, Warga Perumahan Bumi Ciruas Permai 2 di Kelurahan Ranjeng Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang mengeluhkan penanganan sampah Minimnya armada pengangkut sampah dan tempat pembuangan sementara (TPS) membuat sampah berserakan hingga di pinggir jalan. Hal ini misalnya terlihat di sekitar Perum BCP2, RW 05 blok e dan Rw 06   berada di bawah sutet dan Blok G Perum BCP2 – Desa Ranjeng Kecamatan Ciruas. Banyaknya sampah memberi kesan kumuh terhadap kondisi perumahan

“Saya merasa tidak nyaman kalau begini, di satu sisi saya butuh tapi disisi lain saya sebenarnya males ke sini. Tiap jalan nginjek sampah, tiap jalan nginjek sampah, belum lagi bau sampah yang menyengat itu sangat mengganggu menurut saya. Kalau bukan rumah saya disini males ke sini saya,” ungkap AR, warga perum BCP 2, Selasa (27/09/2022).

Tumpukan sampah berserakan di BCP2

Di Perumahan ini sebetulnya sudah disediakan bak sampah di bawah sutet blok e dan lapangan yang awalnya di pergunakan untuk terminal angkot.  Petugas kebersihan dari Lingkungan RW 05 dan RW 06 setempat tadinya rutin datang pagi hari mengangkutnya ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) cilowong dan skrg pindah ke ( TPS) Cilegon.

“Khusus sampah di Perum BCP2 yang kami kelola, tersedia tempat sampah berupa bak besar untuk penampungan sementara, sebelum mobil truk pengangkut sampah Dinas kebersihan datang mengambilnya,” ujar Afrijal, Pengelola kebersihan sampah.

Ia mengatakan, penumpukan sampah ini disebabkan oleh masyarakat yang tidak peduli terhadap lingkungannya. Jika semua masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi, penumpukan sampah ini tidak akan terjadi.

“Sebenarnya masyarakat ikut andil dalam penumpukan sampah ini. Jika kesadaran masyarakat tinggi untuk mengelola sampah agar tidak menumpuk, saya rasa itu sudah cukup membantu dalam mengurangi penumpukan sampah selama ini,” ujarnya.

BACA JUGA :  Lebak Tampung Sampah Dari Jakarta

Tak hanya di Ciruas, masalah sampah di samping aliran irigasi kelurahan cembeh juga menjadi keluhan warga.

Sampah berserakan dan menumpuk  di pinggir jalan Banyak warga yang mengeluh tetapi tumpukan sampah itu tak kunjung dibersihkan.

“Sampah di sini udah lama banget, ada kali berbulan-bulan numpuk, tapi tetep gak ada yang ngangkutin, padahal kan ini di jalan raya, dan tidak enak dipandang,” ungkap salah satu warga Perum BCP 2. (AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *