Banten Tidak Terlepas Dari 5 Pahlawan Nasional yg Mengusir para Penjajah Belanda

oleh

Compaskotanew.Banten berperan besar dalam perjuangan melawan Belanda. Semangat kepahlawanan Banten seperti dilakukan Sultan Ageng Tirtayasa dan juga Geger Cilegon turut menginspirasi daerah lain untuk melakukan perlawanan serupa.

Pada masa menjelang kemerdekaan tahun 1945 dan agresi militer Belanda dari tahun 1945-1949, pahlawan dari Banten juga banyak.yg berjuang merebut penjajahan dari belanda.


Hanya sayangnya, dari sekian banyak pahlawan hanya tiga orang saja yang mendapatkan gelar pahlawan nasional.

Pahlawan Nasional dari Banten

  1. Sultan Ageng Tirtayasa

Sultan Ageng Tirtayasa memimpin Kesultanan Banten pada 1640-1650. Pada masa itulah ia memimpin perang melawan VOC Belanda yang melakukan monopoli dagang dan menyengsarakan rakyat.

  1. KH Wasyid

KH Wasyid dalah pejuang perlawanan rakyat Banten dalam perang melawan Belanda yang dikenal sebagai Geger Cilegon. Peristiwa Geger Cilegon pecah pada 9 Juli 1888. Dalam perjuangannya, KH Wasyid gugur sebagai syahid pada 30 Juli 1888.

  1. Syafruddin Prawiranegara Nama Syafruddin Prawiranegara menonjol pada saat perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Pada agresi militer II 19 Desember 1948, Belanda berusaha menjatuhkan pemerintahan RI di Yogyakarta.

Syafruddin Prawiranegara pada saat itu menjabat sebagai Presiden atau Ketua Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI). Ia memimpin perundingan dengan pihak Belanda dan berhasil membebaskan Soekarno untuk kembali ke Yogyakarta.

Ia meninggal dunia pada 15 Februari 1989 dan ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada 2011

Di sini kita bisa menyimpulkan bahwa para pahlawan yg merebut kemerdekaan dari penjajah belanda sampai darah penghabisan ,kita sebagai pewaris kemerdekaan harus bisa menjaga seutuhnya kemerdekaan ini . (yudi /red)

BACA JUGA :  Kadin Provinsi Banten Berbagi : Mengisi Bulan Suci Ramadhan Yang Penuh Berkah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *