Dugaan Penyebab Fenomena Aneh Ribuan Ikan Naik Kedarat

oleh

KEPULAUAN SERIBU, CompasKotaNews.com – Fenomena alam langka munculnya ribuan ikan dari permukaan terjadi di perairan Kepulauan Seribu pada Selasa (29/11/2022) kemarin.

Melihat hal tersebut, Otoritas Keamanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Cabang KPPP) Kepulauan Seribu melakukan kajian mendalam.

Menurut Direktur Otoritas KPKP Kepulauan Seribu Devi Lidya, pihaknya langsung memeriksa Pulau Onrust, tempat fenomena alam langka itu terjadi.

“Di darat kita bisa melihat airnya berwarna biru sejak Minggu, sedangkan pada Sabtu dan beberapa hari lalu airnya berwarna putih kebiruan,” kata Lidya saat sidang konfirmasi, Rabu (30/5/2020) November 2022.

Untuk mengetahui fenomena alam apa yang terjadi, Dinas KPKP DKI Jakarta mengambil sampel air dan ikan untuk dilakukan pengujian di laboratorium. Menurut Lidya, dari diskusi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), setidaknya ada tiga dugaan penyebab fenomena alam ribuan ikan muncul dari permukaan.

“Diduga ini adalah proses oksidasi (kekurangan oksigen pada ikan) untuk memindahkan ikan lebih dekat ke pantai yang kandungan oksigennya lebih baik daripada di perairan dalam,” ujarnya.

“Bisa juga karena blooming alga berbahaya, jika blooming fitoplankton (yang bisa berbahaya) perlu dideteksi lebih lanjut dengan uji laboratorium,” lanjutnya.

Tak hanya itu, Lidya menjelaskan perubahan suhu yang parah akibat curah hujan atau aliran air tawar dari muara juga bisa menjadi penyebab fenomena alam tersebut.

Video fenomena alam yang viral di media sosial memperlihatkan ribuan ikan di perairan Kepulauan Seribu Satu muncul ke permukaan. Dalam video berdurasi 30 menit itu, ribuan ikan melompat dari laut ke darat dan memenuhi dermaga.

Fenomena alam yang tidak biasa ini diketahui terjadi di pesisir Pulau Onrust, Desa Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu.

BACA JUGA :  Menyesal Berzina Dengan Menantu, Rihanah: Maafin Mama Nak, Bagaimanapun Surga Tetap Di telapak Kaki Ibu

Tak ingin melewatkan momen langka tersebut, seorang warga setempat menggunakan ponselnya untuk merekam gambar ribuan ikan yang terdampar di darat.

“Ups, panen, panen, panen!” teriak sang videografer gembira, seperti dikutip wartakotalive.com, Rabu (30/11/2022).

Videografer bahkan memperlihatkan berbagai ikan tak dikenal memenuhi area dermaga. “Ada fenomena alam, full edge, full edge, full edge,” lanjut perekam.

Setelah dikonfirmasi, Lurah Supriyadi, Pulau Untung Jawa membenarkan fenomena alam tersebut terjadi di Pulau Onrust pada Selasa (29/11/2022) kemarin.

Namun, Supriyadi masih belum mengetahui penyebab ikan tersebut muncul ke permukaan dan masih dalam penyelidikan. Dia menyimpulkan: “Ini sedang diselidiki oleh Suku Dinas Pertanian, Kelautan dan Ketahanan Pangan (KPKP) Kepulauan Seribu”. Pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *