Kapolri Memastikan Rasa Aman Bagi Masyarakat Menjelang Nataru, Dalam Rapat Lintas Sektoral

oleh
Kapolri Jendral Listio Sigit Prabowo

Jakarta, CompasKotaNews.com – Kapolri Jemdral Listio Sigit Prabowo menghadiri rapat lintas sektoral kementerian, sebagai bagian dari persiapan pengamanan dan pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (16 Desember 2022).

“Sore ini kita semua berdiskusi mulai dari persiapan infrastruktur jalan bagaimana agar mudik akhir tahun berjalan seperti sebelumnya pada hari raya idul fitri dan idul fitri. lebih baik,” kata Sigit di awal pemaparannya.

Sigit menegaskan, polisi dan pemangku kepentingan akan bekerja keras untuk menciptakan dan mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi yang merayakan Natal dan Tahun Baru.

Untuk itu, Polri akan menyiapkan posko pengamanan, pelayanan terpadu dan sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan, kata Sigit.

“Kemudian juga untuk memastikan masyarakat benar-benar bisa merasa aman dan nyaman. Tentu saja, kami juga menyiapkan stasiun layanan. Bagus, pos keamanan, pos layanan hingga pos integrasi. Di mana menampung semua pemangku kepentingan yang terlibat untuk bekerja sama di lapangan,” kata Sigit.

Dengan adanya postingan ini diharapkan dapat memprediksi terjadinya kemacetan yang terjadi pada masa Nataru. Kemudian mencegah kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM). Selain itu, agen dapat dengan cepat turun tangan untuk membantu masyarakat jika terjadi insiden di tempat kejadian.

Selain keamanan, Pak Sigit menekankan bahwa semua sektor lintas disiplin juga akan menyiapkan infrastruktur untuk mendukung kegiatan masyarakat dalam merayakan Natal dan Tahun Baru.

Mengingat berdasarkan angka dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), menjelang Natal dan Tahun Baru, diperkirakan akan ada 44 juta orang yang melakukan perjalanan.

BACA JUGA :  Akhirnya CCTV di Rumah Dinas Ferdy Sambo Ditemukan

“Karena berdasarkan data Kementerian Perhubungan, akan ada tambahan 44 juta orang yang beraktivitas. Ini juga butuh persiapan,” kata Sigit. Di sisi lain, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, Sigit mengatakan pihaknya telah menerjunkan 166.000 pegawai untuk bergandengan tangan menjamin keamanan Natal dan Tahun Baru.

“Saya kira total 166.000 orang akan dikerahkan untuk melakukan operasi pengamanan,” kata Sigit.

Sigit juga menambahkan, untuk memastikan keselamatan Nataru, polisi akan menggelar kampanye cahaya lilin yang berlangsung sekitar 11 hari. “Gelar akan kita pegang dari tanggal 22 atau 23 (Desember) sampai tanggal 3 (Januari),” tambah Sigit.

Sigit mengatakan, dalam pendekatan interdisipliner ini, Polri, kementerian, dan organisasi sepakat bersinergi dan bekerja sama untuk menghadirkan rasa aman danp nyaman bagi seluruh masyarakat. “Tentunya kita semua akan berusaha semaksimal mungkin agar kegiatan akhir tahun dan masyarakat tetap berjalan dengan baik,” pungkas Sigit. (TF/Red)

1 thoughts on “Kapolri Memastikan Rasa Aman Bagi Masyarakat Menjelang Nataru, Dalam Rapat Lintas Sektoral

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *