Orang Tua Menangis Karena Anak nya Tidak Memiliki Adab, Akibat Ada nya Pengaruh Degitalisasi

oleh
Pimpinan redaksi Compas kota news.com menulis sebuah keperhatinan terhadap miskin nya Adab bagi anak anak kita akibat pengaruh medsos

Serang, Compas kota news.com — Anak anak di jaman sekarang sudah tergerus dengan perkembangan jaman, informasi, tehnologi dan degitalisasi, mereka(Anak anak) lebih aktif dengan info info yang di dapat dari sosial media, seperti youtube, Fb, tik tok dan sebagai nya,
semua telah menghancurkan sendi dan norma agama, kemudian Adab anak kita harus benar di jaga extra ketat dan seperti nya ada sebuah pendangkalan terhadap norma agama dan akidah terhadap anak anak yang kita sayangi.

Dengan laju pesat nya tehnologi degitalisasi yang semakin serba canggih sehingga generasi anak bangsa sudah tidak punya nalar terhadap perkembangan adab nya, terutama perlakuan dengan kedua orang tua nya.

Pengertian Adab, Adab memiliki sebuah arti kesopanan, keramahan, dan kehalusan budi pekerti. Adab erat kaitannya dengan akhlak atau perilaku terpuji. Ahli bahasa juga kebanyakan menyebutkan bahwa adab merupakan kepandaian dan ketepatan dalam mengurus segala sesuatu. Begitupun sebagian ulama lainnya juga turut berpendapat bahwa adab merupakan suatu kata atau ucapan yang mengumpulkan segala perkara kebaikan di dalamnya.

Adab adalah norma atau aturan mengenai sopan santun berdasarkan aturan agama. Norma tentang adab seringkali digunakan dalam pergaulan yang terjadi antar manusia, antar tetangga, dan antar kaum.

Sebutan orang beradab sesungguhnya berarti bahwa orang itu mengetahui aturan tentang adab atau sopan santun yang ditentukan dalam agama Islam. Tetapi seiring berkembangnya waktu, kata beradab dan tidak beradab dikaitkan dengan segi kesopanan secara umum dan tidak khusus digabungkan dalam agama Islam.

Adab sangat penting dalam kehidupan manusia. Bagi orang-orang yang memiliki adab biasanya akan terjaga dari perbuatan tercela. Maka tidak heran jika adab sangat penting. Adab tentu perlu diajarkan sedari kecil. Anak-anak yang sudah diberi bekal pelajaran mengenai adab akan tumbuh menjadi pribadi lebih baik dari teman-teman sebayanya.

BACA JUGA :  PPDB SMPN 1 Rangkasbitung Lebak Banten: DPRD Lebak Desak Tanggungjawab Pada Pihak Sekolah

Orang yang tidak memiliki Adab, sekalipun mereka pandai atau serjana, sunggu hidup nya tidak akan berarti di mata orang lain, karna dengan Adab akan mengajarkan sebuah kebaikan yang hakiki. (toni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *