Sekda Kota Serang Terima Kunjungan Ombudsman RI Perwakilan Banten

oleh

Serang,CompasKotaNews.com – Sekain tahun kota serang berada di zona kuning pada penilaian kepatuhan dalam pelaksanaan pelayanan publik, namun tahun ini kota serang mengalami peningkatan dan berada di zona hijau.

Hal tersebut disampaikan oleh kepala pereakilan ombudsman provinsi banten pada saat melakukan kunjungan bersama sekretaris daerah kota serang di ruang rapat sekda kota serang, kamis (05/01).

Kegiatan kunjungan Ombudsman RI perwakilan Provinsi Banten tersebut sebagai bentuk silaturahmi antara kepala ombudsman baru fadli afriadi dengan Pemerintah Kota Serang.

Selain melakukan silaturahmi perkenalan kepala perwakilan ombudsman RI Provinsi Banten yang baru, kegiatan kunjungan tersebut juga sebagai pelaporan atas hasil penilaian kepatuhan dalam pelayanan publik.

Dalam kesempata tersebut, Fadli Afriadi menyampaikan bahwa hasil penilaian kepatuhan dimana untuk tahun ini kota serang lebih baik sudah mencapai zona hijau dari sekian tahun berada di zona kuning, dan bagaimana kedepan tentu ombudsman akan saling mendukung untuk mendapat hasil yang lebih baik lagi.

“Sekarang sudah hijau dari sekitar 6 tahun kunjnh tahun jni sudah hijau, selain itu kita berbicara, berbincang sebagaimana melakukan mekanisme kerja komunikasi dan konsolidasi yang lebih baik kedepannya” ucap Fadli.

Menambahkan hal serupa, Asisten Ombudsman RI perwakilan provinsi banten, Eni menyampaikan beberapa persyaratan yang terpenting untuk mencapai zona hijau harus memenuhi standar persyaratan pelayanan publik yang sudah diamanatkan dalam undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.

“kami mengukur dari kompetensi pelaksana pelayanan publiknya, Kemudian ada wawancara, kami mewawancarai secara internal dari empat unsur jabatan di opd” tambah Eni.

“kemudian kami menilai dari persepsi maladministrasi dengan mewawancarai masyarakat yang sedang melakukan pelayanan di satu instansi tersebut dan dari pengaduan masyarakat terhadap kualitas pelayanan opd tersebut” sambung Eni.

BACA JUGA :  Talkshow On Air Bersama Harmony FM, Kakanwil BPN Banten Sampaikan Program BPN Banten

Menanggapi beberapa hal yang disampaikan oleh Ombudsman RI Perwakilan provinsi banten, Sekretaris Daerah Kota Serang Nanang Saefudin menyampaikan bahwa tentu kota serang bersyukur atas kerjakeras yang sudah dilakukan bersama hingga mencapai zona hijau dari sekian tahun berada di zona kuning.

“Alhamdulillah sudah beberapa tahun kita kuning dan sekarang masuk kedalam zona hijau, apapun nilai yang diberikan kepasa kita harus kita syukuri dulu dan tentu kita tidak boleh jumawa mendapat hijau, bisa jadi kedepannya kalau kita tidak melakukan optimalisasi perbaikan kita bisa turun lagi menjadi kuning” ungkap Nanang.

Dari beberapa hasil penilaian tersebut, terdapat beberapa laporan dari masyarakat yang didapat oleh Ombudsman terkait beberapa pelayanan dasar yang ada di kota serang.

“Nanti kita akan undang, kita akan panggil beberapa opd terkait pelayanan dasar untuk meningjatkan kualitas pelayanan publiknya” tutur Nanang.

Nanang juga menyampaikan bahwa inti dari hasil yang didapat saat ini bukan tujuan dari pelayanan publik di kota serang, namun hasil tersebut merupakan alat untuk mencapai tujuan dari kualitas pelayanan publik di kota serang.

(TF/RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *