DPR Dan Kementrian Agama Bahas Kenaikan Biaya Haji Tahun 2023

oleh
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Jakarta, CompasKotaNews.com – Anggota Komisi Agama Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dewan Perwakilan Rakyat, Bukhori mengatakan, panitianya menggelar diskusi kelompok (FGD) bersama Badan Penyelenggaraan Haji dan Umrah bersama Kementerian Agama dan departemen lain. . membahas kenaikan biaya haji tahun 2023.

Bukhori mengatakan, konferensi digelar di salah satu hotel di kawasan Jakarta pada hari ini, Jumat, 20 Januari 2023.

“Sore ini, kami akan diskusi kelompok mendalam dengan pimpinan umum haji dan seluruh direksi terkait, untuk membahas ini (kenaikan biaya haji),” kata Bukhori di ruang DPP PKS, Jakarta Selatan, Jumat, 1 Januari 2018. . 20, 2023.

Dia mengatakan, usulan kenaikan biaya haji menjadi Rp 69 juta berasal dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama. Bukhori mengatakan Komite VIII akan membahas dan memutuskan sebelum jeda. “Mungkin akan kami putuskan sebelum musim liburan, karena pasti lebih cepat akan lebih mudah bagi mereka untuk mengejar isu-isu terkait haji,” ujarnya.

Usulan kenaikan iuran haji tahun 2023 datang dari Kementerian Agama

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sempat mengusulkan rata-rata kenaikan biaya perjalanan haji atau Bipih ditanggung langsung jemaah tahun ini atau periode Hijriah 1444 Hijriah. VIII DPR RI di Jakarta pada Kamis, 19 Januari 2023.

Ia mengemukakan rata-rata biaya haji tahun ini Rp 69.193.733 per orang atau Rp 69 juta dibulatkan.

“Usulan ini didasarkan pada pertimbangan yang bertujuan untuk menegakkan prinsip pemerataan dan kesinambungan dana haji,” kata Menteri Yaqut. “Kata-kata ini juga telah melalui proses peninjauan.”

Rata-rata biaya haji yang terdiri dari 70% dari Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Rata-rata adalah Rp98.893.909 per orang atau sekitar Rp98 juta. Nilai BPIH yang ditawarkan tahun ini mengalami peningkatan sebesar Rp514.888 dari tahun lalu karena adanya perubahan komposisi yang cukup signifikan.

BACA JUGA :  Lantik 201 Anggota PPS, Walikota Serang Harap PPS Bekerja Profesional Jangan Sampai Melenceng

Dibandingkan tahun lalu, biaya haji 2023 untuk jemaah naik hampir dua kali lipat dari Rs 39,8 juta. Biaya haji ini juga meningkat dari tahun 2018 ke 2020 yang hanya dipatok Rp35 juta.

Selain itu, nilai PKS kenaikan biaya haji tahun 2023 bisa diturunkan

Bukhori mengatakan, PKS tidak setuju dengan usulan pemerintah. Ia mengatakan, fraksinya telah mengusulkan kenaikan biaya haji menjadi Rp 50 juta.

“Saya kira kalau bisa sekitar Rp 50 juta. Itu angka yang lumayan bagus, Rp 40 sampai 50 juta,” ujarnya.

Bukhori mengatakan pihaknya mendorong pemerintah memaksimalkan diplomasi dengan Arab Saudi. Menurut Bukhori, negosiasi yang optimal bisa menekan kenaikan biaya haji. Dia menjelaskan, dengan jumlah jemaah yang begitu besar, Indonesia bisa memiliki harga dan konstelasi tetap di Mekkah dan Madinah.

“Di mana pemerintah kita harus meningkatkan lobi dan diplomasi informal, saya kira biayanya masih bisa dikurangi,” katanya.

PKS menilai usulan kenaikan biaya haji pada 2023 menjadi Rp 69 juta sulit untuk ditetapkan. Kalaupun akhirnya masyarakat setuju untuk pergi, katanya, mereka akan menggerutu. Selain itu, katanya, pada tahun-tahun sebelumnya, jemaah haji Indonesia “dimanjakan” dengan dana subsidi. “Padahal tahun ini kenaikannya sangat berat. Saya kira itu pertimbangan masyarakat,” kata Bukhori. (Red/CKN)

Cek Berita dan Artikel lainnya di: Google NewsDapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari CompasKotaNews.com. Mari bergabung di Grup Telegram “CompasKotaNews.com Update”, klik link berikut ini  https://t.me/compaskotanews, kemudian join. Anda harus unduh dan install aplikasi Telegram terlebih dulu di Google Playstore.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *