Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jual Sampah, Pemkab Serang Gandeng Dua Perusahaan Raksasa di Banten

oleh
Kasi persampahan Iis sedang meninjau sekaligus mengangkut sampah liar di kecamatan carenang

Serang Kabupaten, CompasKota News.com – Pemkab Serang membangun kerja sama dengan 2 perusahaan raksasa di Banten untuk jual sampah kertas dan sampah plastik.

Program jual sampah kertas, Pemkab Serang sudah membangun kerja sama dengan PT Indah Kiat Pulp and Paper atau IKPP yang siap membeli keras dengan harga pasaran.

Sedangkan, untuk rencana jual sampah plastik, Pemkab Serang akan membangun kerja sama dengan PT Chandra Asri yang berada di Kota Cilegon.

melakukan pengangkutan sampah di pinggir jalan carenang kab serang

“Kita terus mensosialisasikan pembentukan bank sampah. Saya kerja sama dengan PT Indah Kiat agar bisa menampung semua jenis kertas,” ujar Kepala DLH Kabupaten Serang Prauri, Kamis 2 Februari 2023.

Ia menjelaskan, kerja sama tersebut disambuta baik oleh mayarakat yang sudah memiliki bank sampah karena selama ini mereka menjual sampah kertas ke lapak-lapak hanya Rp1.000 per kilogram.

“Kalai di Indah Kiat sesuai harga pasaran rata-rata di atas Rp2.000 per kilogram,” katanya.

Prauri juga mengungkapkan, pihaknya telah membuat janji dengan pihak PT Chandra Asri untuk penjualan sampah plastik.

“PT Chandra siap menerima, cuman plastiknya seperti apa saya belum tahu,” tuturnya.

Sedangkan, untuk penjualan sampah jenis beling dan kaleng, Pemkab Serang sedang melakukan penjajakan kerja sama dengan perusahaan peleburan baja.

“Jadi ketika masyarakat mengumpulkan sampah ada nilai ekonomisnya, akhirnya mereka mau mengumpulkan sampah,” ujarnya.

Iis terus monitor dan mengakut sampah sampah liar yang ada di wilayah kab serang

Kasi persampahan Iis mengesekusi dan mengangkut sampah sampah liar yang ada di sepanjang jalan raya carenang kabupaten serang, ini salah satu program juga di tampung dari laporan masyarakat dari tumpukan sampah liar yang terus di lakukan pembersihan. “Mudah mudah dengan ada nya pemda mengdandeng perusahan besar swasta yang ada di Banten, agar sampah sampah di kabupaten serang bisa di jadikan nilai jual yang tinggi dan bisa buat masukan PAD pemkab serang. ” pungkas Iis
(TF/Red)

BACA JUGA :  Tim Senam Warga BSD Walantaka Kota Serang Akan Dapat Baju Seragam Gratis

Cek Berita dan Artikel lainnya di: Google NewsDapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari CompasKotaNews.com. Mari bergabung di Grup Telegram “CompasKotaNews.com Update”, klik link berikut ini  https://t.me/compaskotanews, kemudian join. Anda harus unduh dan install aplikasi Telegram terlebih dulu di Google Playstore.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *