Merayakan Perjuangan Kaum Perempuan: Hari Perempuan Internasional 8 Maret

oleh
Selamat Hari Perempuan Sedunia

CompasKotaNews.com – Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day (IWD) diperingati setiap tanggal 8 Maret untuk memperingati perjuangan kaum perempuan dalam meraih hak-hak yang sama dengan laki-laki. Hari Perempuan Internasional pertama kali diperingati pada tahun 1911 di Kopenhagen, Denmark. Tanggal 8 Maret dipilih karena pada tanggal tersebut pada tahun 1908 sekelompok perempuan yang tergabung dalam serikat pekerja tekstil di New York melakukan demonstrasi menuntut hak-hak pekerja perempuan.

Hari Perempuan Internasional merupakan momen penting bagi perempuan di seluruh dunia untuk mengungkapkan pendapat mereka tentang kesetaraan gender, hak-hak perempuan, serta isu-isu yang memengaruhi kehidupan perempuan. Perayaan ini juga menjadi ajang untuk menyoroti peran perempuan dalam berbagai bidang, seperti politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

Setiap tahunnya, tema yang diusung dalam perayaan Hari Perempuan Internasional berbeda-beda. Tema untuk perayaan tahun 2022 misalnya adalah “Women in leadership: Achieving an equal future in a COVID-19 world” yang menyoroti tantangan dan kesempatan yang dihadapi perempuan dalam memimpin di tengah pandemi COVID-19.

Di beberapa negara, Hari Perempuan Internasional dijadikan sebagai hari libur nasional atau hari cuti bersama. Namun, di negara lain, perayaan ini masih dirayakan dengan cara yang sederhana dan dianggap sebagai hari biasa.

Peringatan Hari Perempuan Internasional di seluruh dunia biasanya diisi dengan berbagai acara, seperti konferensi, seminar, pameran, aksi demonstrasi, dan pertunjukan seni. Dalam beberapa tahun terakhir, perayaan ini juga semakin sering diadakan secara virtual melalui platform digital.

Hari Perempuan Internasional merupakan momen yang penting bagi seluruh perempuan di dunia untuk mengingatkan pentingnya kesetaraan gender dan hak-hak perempuan. Perjuangan untuk mencapai kesetaraan gender masih terus berlanjut, dan perempuan di seluruh dunia perlu bersatu dan saling mendukung untuk meraih hak-hak yang sama dengan laki-laki. (Red/CKN)

BACA JUGA :  Lobi Politik Semakin Mencuat Kemungkinan KIB Pisah Jalan, Sebab Capres Tak Satu Pilihan

Cek Berita dan Artikel lainnya di: Google NewsDapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari CompasKotaNews.com. Mari bergabung di Grup Telegram “CompasKotaNews.com Update”, klik link berikut ini  https://t.me/compaskotanews, kemudian join. Anda harus unduh dan install aplikasi Telegram terlebih dulu di Google Playstore.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *