Puskesmas Banten Girang Genjar Berikan Obat Cacing Pada Siwa Siswi SDN

oleh
Kepala puskesmas Banten Girang sedang memberikan pengarahan kepada anak anak siswa siswi SDN Karundang

Serang Kota | Compas kota news.com –Puskesmas Banten girang kota Serang, Senin 13 maret 2023 pemberian obat caing merupakan salah satu program pemerintah yang wajib diberikan kepada anak pemberian obat cacing ini dilaksankan di sekolah SDN Karundang Di Wilayah kerja Puskesmas Banten girang.

Kepala Puskesmas Banten girang memberian obat cacing yang dilakukan hanya pada anak yang sudah diatas 1 tahun.
Obat cacing bernama albendazole ini berikan dengan tujuan:

Dapat mengoptimalkan penyerapan karobohidrat, protein, vitamin A dan zat besi sehingga meningkatkan kualitas hidup, status gizi dan perkembangan anak.
Seorang anak yang mempunyai cacing di dalam tubuhnya akan menghambat penyerapan nutris dalam tubuhnya sehingga nutrisi tidak sempurna diserap. Hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatan seperti defisiensi zat besi, anak kurang gizi, bahkan tumbuh kembang anak menjadi lambat bahkan terlambat.

Anak anak SDN Karundang atusias bakal dapat vitamin obat cacing

Mengurangi Stunting pada anak
Kondisi stunting ini merupakan hal yang lagi perlu jadi perhatian kita yang ditandai dengan pertumbuhan tinggi anak yang tidak sesuai dengan usianya.

Membunuh berbagai jenis cacing baik dari telur, larva dan cacing
Sedangkan obat cacing Diethyl Carbamazine Citrat atau yang lebih dikenal dengan DEC ini diberikan pada anak usia 2 tahun keatas dengan tujuan mencegah dan membasmi penyakit kaki gajah (Eliminasi Filiaris).

Kaki gajah ini disebabkan oleh cacing nematode yang merupakan salah satu penyakit endemi tinggi di Indonesia.
Dengan pemberian obat ini maka dapat membersihkan cacing di darah dan bahkan mencegah penyebaran pada orang lain.

“Lanjut Uwen kepala pusjesmas Banten girang kota serang menjelaskan kepada Awak media Compaskotanews.com. “Penyakit cacingan jadi salah satu hal paling ditakutkan oleh orang tua terjadi pada anak-anaknya. Cacing yang tumbuh dalam tubuh anak bisa menyerap nutrisi dan membuat anak jadi lemas, pertumbuhannya tidak berjalan dengan baik dan berdampak negatif pada konsentrasi serta prestasinya di sekolah. “tutur Uwen

Kepala puskesmas dan dewan guru bersenergi basmi penyakit cacing di sekolah

“Gejala infeksi cacing bisa ringan hingga berat. Pada infeksi cacing ringan, gejalanya cenderung tidak tampak. Gejala umum yang harus dikenali adalah lesu, tidak bersemangat, sering mengantuk, pucat dan kurang gizi. Infeksi cacing berpengaruh terhadap pencernaan, penyerapan, serta pengolahan makanan sehingga berakibat hilangnya protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin dalam jumlah besar.
Selain itu dapat menimbulkan anemia, diare dan gangguan respon imun. Anak yang menderita infeksi cacing mempunyai risiko tinggi mengalami gangguan nutrisi, serta gangguan tumbuh kembang. “Imbuh Uwen.

BACA JUGA :  Bupati Lebak Hj ITI Octavia Jayabaya Menghadiri Acara Pembukaan MTQ Ke 40 Tingkat Kabupaten Lebak

Obat Cacing ini biasanya bisa kita dapatkan pada:

Untuk anak usia 12 bulan sampai 59 bulan bisa diberikan di posyandu dengan pemberian yang dikombinasikan dengan vitamin A.
Untuk anak usia 6 sampai 12 tahun bisa didapatkan di UKS atau biasa didapatkan disekolah.
Pemberian obat cacing pada anak diatas 1 tahun hanya mendapatkan albendazole sebanyak ½ butir sedangkan anak diatas 2 tahun mendapatkan 1 butir Albendazole yang dikombinasikan dengan obat DEC. Pemberian obat DEC ini untuk usia 2 sampai 5 tahun sebanyak 2 butir, usia 5 tahun- 14 tahun diberikan 3 butir dan diatas 14 tahun akan menerima 4 butir.

“Pemberian obat cacing dapat diulang setiap 6 bulan sekali. Pemberian obat cacing ini hanya dilakukan apabila anak sehat, tidak demam ataupun sakit, anak sudah sarapan pagi dan hanya dilakukan oleh petugas puskesmas atau kader kesehatan yang sudah terlatih dan tidak bisa dibawa pulang. “pungkas Uwen

(tf/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *