Ini Aturan Baru PPDB SMA/SMK 2023 di Banten, Ada Penambahan Kuota Siswa

oleh

Aturan PPDB di banten ada penambahan kuota.

Serang Kota |Compaskotanews.com – endaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMA/SMK Negeri di Provinsi Banten akan dimulai pada tanggal 19 Juni mendatang. Pada tahun ini, kuota penerimaan siswa akan lebih banyak dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) mengatur penerimaan kuota berdasarkan alur penerimaan yang berbeda. Jalur afirmasi akan dimulai pada tanggal 19-22 Juni dengan kuota penerimaan sebesar 15 persen. Jalur zonasi akan dimulai pada tanggal 3-6 Juli dengan kuota 50 persen. Jalur prestasi juga akan dimulai pada tanggal 3-6 Juli dengan kuota 30 persen. Terakhir, jalur perpindahan orang tua akan dimulai pada tanggal 3-6 Juli dengan kuota penerimaan sebesar 5 persen.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadindikbud) Banten, Tabrani, menyatakan bahwa jumlah siswa yang diterima di SMA/SMK Negeri di Banten tahun ini akan bertambah. Hal ini dikarenakan adanya penambahan 19 sekolah baru di luar filial.

“Pada tahun ini terjadi penambahan karena ada pembangunan 19 sekolah baru. Sekarang sudah ada 19 sekolah baru yang telah dibangun,” ujar Tabrani kepada wartawan pada hari Jumat, 9 Juni 2023.

Pada tahun 2021-2022, Dindikbud memiliki 23 sekolah filial. Pembangunan 19 sekolah baru yang sudah selesai dilakukan berada di Kabupaten Tangerang hingga Serang, yang terdiri dari SMA dan SMK.

Tabrani menjelaskan bahwa untuk jalur PPDB afirmasi, calon siswa harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Jalur ini khusus untuk warga yang tidak mampu. Syaratnya antara lain memiliki kartu KIS, KIP, KKS, atau jaminan sosial yang berlaku di daerah tempat tinggal siswa.

Untuk jalur prestasi, Tabrani menjelaskan bahwa terdapat dua jalur yaitu jalur akademik dan non-akademik. Pendaftar jalur non-akademik misalnya untuk atlet olahraga mulai dari tingkat provinsi hingga internasional.

BACA JUGA :  Bidpropam Polda Banten Cek Kesiapan Personel di Kecamatan Petir Dalam Menghadapi Pemilu 2024

Khusus untuk PPDB SMK, pendaftarannya akan dimulai pada tanggal 19-23 Juni. Tes kompetensi akan dilaksanakan pada tanggal 3-6 Juli dan pengumuman hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 11 Juli.

PPDB SMK juga akan melibatkan tes program keahlian yang akan dipilih oleh siswa. Seleksi tersebut akan dilakukan oleh pihak sekolah sesuai dengan pilihan jurusan yang diambil oleh siswa.

Itulah informasi mengenai PPDB SMA/SMK Negeri di Provinsi Banten. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat membaca artikel terkait atau mengunjungi sumber informasi resmi yang terpercaya.

(Tf/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *