Inilah 8 Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan yang Tidak Diragukan Lagi

oleh

Jambu batu segar warna merah dapat menjadi obat tradisional bisa mengobatan untuk 8 manfaat untuk tubuh.

Serang Kota || Compaskotanews.com – Buah jambu biji memiliki manfaat yang tidak perlu diragukan untuk kesehatan tubuh, karena telah teruji secara klinis. Selain rasanya yang manis dan khas, jambu biji juga mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman, terutama jus. Berbentuk oval dengan kulit hijau muda atau kuning, buah jambu biji mengandung biji yang dapat dimakan. Selain buahnya, daun jambu biji juga dapat dijadikan teh herbal atau ekstrak daun sebagai suplemen.

Berikut adalah beberapa manfaat jambu biji bagi kesehatan tubuh yang dikutip dari Healthline:

1. Membantu Menurunkan Gula Darah
Buah jambu biji dapat meningkatkan kontrol gula darah, yang merupakan kabar baik bagi penderita diabetes atau yang berisiko terkena penyakit tersebut.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Jambu biji memiliki kandungan antioksidan dan vitamin tinggi dalam daunnya, yang membantu melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan potasium dan serat larut dalam jambu biji juga berkontribusi pada peningkatan kesehatan jantung.

3. Meringankan Gejala Menstruasi
Jambu biji dapat mengurangi intensitas nyeri kram menstruasi. Sebuah penelitian pada 197 wanita menemukan bahwa mengonsumsi 6 mg ekstrak daun jambu biji setiap hari dapat mengurangi intensitas nyeri, bahkan lebih efektif daripada beberapa obat penghilang rasa sakit.

4. Melancarkan Pencernaan
Buah jambu biji mengandung serat makanan yang baik bagi sistem pencernaan, membantu pergerakan usus yang sehat dan mencegah sembelit.

5. Menurunkan Berat Badan
Jambu biji merupakan makanan rendah kalori, dengan hanya 37 kalori dalam satu buah, dan 12% dari asupan serat harian. Oleh karena itu, cocok untuk dijadikan camilan saat diet untuk menurunkan berat badan.

BACA JUGA :  Video Syur Pegawai Honor Bapenda Provinsi Banten Tersebar, Begini Nasibnya Sekarang

6. Efek Antikanker
Ekstrak daun jambu biji memiliki efek antikanker dan mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Hal ini diduga karena tingginya tingkat antioksidan yang mencegah radikal bebas merusak sel, salah satu penyebab utama kanker.

7. Meningkatkan Imunitas
Jambu biji kaya vitamin C, yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Asupan vitamin C yang cukup dapat membantu menjaga sistem imun agar tetap kuat dan mengurangi risiko infeksi dan penyakit.

8. Baik untuk Kesehatan Kulit
Kandungan vitamin dan antioksidan dalam jambu biji memberikan manfaat bagi kulit, melindunginya dari kerusakan dan membantu mencegah.

(Tf/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *