Mentri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah Beri Perluasan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan Ditetapkan di Lebak

oleh

Mentri Ketenagakerjasn Ida Fauziyah berencana akan bangun perusahaan di Lebak Banten dengan berbasis kawasan.

Lebak, Banten || Compaskotanews.com – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menerapkan program Perluasan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan Komunitas Masyarakat Adat Kasepuhan di kabupaten Lebak, Banten sejak tahun 2022.

Program ini merupakan inisiatif dari Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, yang bertujuan untuk mengatasi masalah pengangguran dan kemiskinan dengan memanfaatkan potensi lokal.

“Program ini bertujuan mendukung percepatan pembangunan kesejahteraan masyarakat Papua dan pengentasan kemiskinan ekstrem juga dilakukan di Lebak, Banten,” ujar Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Caswiyono Rusydhie Cakrawangsa, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta pada hari Senin (3/7/2023).

Program perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan ini melibatkan kolaborasi lintas sektor dan melibatkan semua pemangku kepentingan, termasuk pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah desa, swasta, perguruan tinggi, NGO, dan kelompok masyarakat.

“Kegiatan perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan merupakan upaya dan komitmen Kemnaker dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial serta memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat di kawasan ini,” tambahnya.

Caswiyono menjelaskan bahwa rembuk nasional yang diadakan di Lebak pada hari Senin (3/7/2023) merupakan implementasi dari kebijakan transformatif dan inovatif program perluasan kesempatan kerja, yang mendukung akselerasi pembangunan ketenagakerjaan yang berkelanjutan, sesuai dengan kebijakan sembilan lompatan Menaker.

Melalui rembuk nasional ini, Caswiyono berharap dapat mendorong penciptaan ekosistem ketenagakerjaan dari hulu ke hilir dengan menyediakan layanan pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan, serta melakukan pemberdayaan masyarakat melalui program-program kewirausahaan, pembangunan jejaring kemitraan dan kelembagaan masyarakat, serta layanan penempatan angkatan kerja yang terintegrasi.

Caswiyono juga menyebutkan bahwa terdapat 10 Tenaga Kerja Mandiri (TKM) di kawasan Lebak, antara lain TKM Ekra Coffee, Ekra Development, Canoli, Sehate Kompak, Saluyu, Kahuripan, Cangkir, Sompang Sancang, Lodong Sibarani, dan TKM Kakapan Muda.

BACA JUGA :  Wadan puspomad Mayjen TNI Eka Wijaya Permana S.H Hadiri Acara Syukuran Hut Ke-62 Korp Wanita Angkatan Darat

Dengan program perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan ini, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Lebak, Banten. Program ini merupakan langkah nyata Kemnaker dalam menghadapi tantangan pengangguran dan kemiskinan, serta memberikan kesempatan kerja yang lebih luas bagi masyarakat di kawasan tersebut.

(Tf/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *