Cek Kuota Formasi dan Cara Pendaftaran CPNS 2023 dan PPPK 2023 di SSCASN.BKN.GO.ID

oleh
Cek Kuota Formasi dan Cara Pendaftaran CPNS 2023 dan PPPK 2023 di SSCASN.BKN.GO.ID
Cek Kuota Formasi dan Cara Pendaftaran CPNS 2023 dan PPPK 2023 di SSCASN.BKN.GO.ID

ComapsKotaNews.com – Kuota formasi CPNS dan PPPK 2023 beserta panduan pendaftaran online di sscasn.bkn.go.id merupakan informasi penting yang harus dipahami oleh calon pelamar CPNS dan PPPK 2023. Pemerintah telah mengumumkan bahwa pendaftaran untuk calon aparatur sipil negara (CASN) yang mencakup CPNS dan PPPK 2023 akan segera dibuka pada bulan September 2023.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) pada tanggal 1 Agustus 2023 secara resmi mengumumkan rincian kuota formasi untuk CPNS dan PPPK 2023. Pemerintah berkomitmen untuk merekrut total 572.496 ASN melalui jalur PPPK dan CPNS 2023. Pendaftaran ini dijadwalkan akan dimulai pada bulan September.

Formasi CPNS 2023 dan PPPK 2023 telah ditetapkan dan terbagi menjadi dua kategori utama, yaitu 78.862 formasi untuk instansi pemerintah pusat dan 493.634 formasi untuk pemerintah daerah. Upaya rekrutmen CASN ini bertujuan untuk memperkuat jajaran ASN agar mampu mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang lebih efisien dan berkualitas, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Bagi calon pelamar yang berminat, peluang untuk menjadi CPNS dan PPPK 2023 adalah kabar baik dalam kontribusi mereka terhadap pelayanan publik. Oleh karena itu, calon pelamar disarankan untuk mempersiapkan diri sejak dini agar dapat mengambil bagian dalam proses seleksi ini. Pemerintah telah menegaskan komitmennya untuk menjalankan proses rekrutmen dengan adil dan transparan guna mendapatkan ASN yang memiliki kualitas serta dedikasi tinggi.

Kemenpan-RB telah mengumumkan bahwa seleksi CPNS 2023 direncanakan akan dilaksanakan pada bulan September, setelah melaporkan rencana tersebut kepada Presiden Joko Widodo. Persiapan untuk pembukaan CPNS 2023 dan PPPK telah melalui tahapan perencanaan yang matang, dengan persiapan data yang cermat guna menetapkan formasi yang akan dibuka.

BACA JUGA :  Keajaiban Danau Toba: Perayaan Kehormatan dan Keindahan Alam Melalui Google Doodle

Dalam perencanaan rekrutmen ini, terdapat dua prioritas utama, yaitu tenaga kesehatan dan tenaga pendidik. Kedua formasi tersebut dianggap sebagai prioritas dalam rekrutmen ASN 2023 hingga beberapa tahun ke depan, karena peran mereka yang sangat dekat dengan masyarakat.

Formasi CPNS dan PPPK untuk pemerintah pusat terdiri dari 28.903 untuk CPNS 2023 dan 49.959 untuk PPPK. Sementara itu, formasi CPNS dan PPPK untuk pemerintah daerah terdiri dari 296.084 PPPK guru, 154.724 PPPK tenaga kesehatan, dan 42.826 PPPK teknis.

Proses seleksi CASN yang mencakup CPNS dan PPPK akan dimulai pada bulan September 2023. Pemerintah juga memberikan kesempatan bagi talenta digital dan data scientist untuk bergabung melalui rekrutmen ini. Selain itu, ada arah kebijakan untuk mengurangi rekrutmen pada formasi yang mungkin terdampak oleh transformasi digital di masa depan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, telah menjamin bahwa pelaksanaan rekrutmen ASN 2023 akan berjalan secara terbuka dan transparan. Ia menekankan pentingnya proses seleksi yang adil tanpa adanya intervensi atau kecurangan. Dengan total formasi ASN nasional sebanyak 572.496, pemerintah telah menetapkan alokasi formasi secara detail untuk CPNS dan PPPK 2023. Informasi lebih lanjut terkait pendaftaran dan proses seleksi dapat diakses melalui link pendaftaran CPNS 2023 di sscasn.bkn.go.id. Dengan adanya proses seleksi yang berjalan dengan baik, diharapkan ASN yang terpilih nantinya mampu memberikan kinerja yang berdampak positif bagi masyarakat, sejalan dengan arahan dari Presiden Joko Widodo.

4 Langkah Penting dalam Proses Seleksi CPNS Tahun 2023

Pendaftaran Online di SSCN-BKN: Panduan Lengkap

Mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) merupakan tahapan penting bagi siapapun yang ingin berkarier di sektor pemerintahan. Pada tahun 2023, proses seleksi CPNS telah ditingkatkan dengan langkah-langkah yang lebih efisien dan transparan melalui platform SSCN-BKN. Berikut adalah langkah-langkah penting yang perlu Anda pahami untuk mengikuti proses seleksi CPNS dengan sukses:

BACA JUGA :  Stadion Kota Serang di Banjiri Para Pedagang Musiman Dan Kaki Lima Serta Wahana Permainan Anak Anak.

Langkah 1: Pendaftaran Online

Langkah pertama adalah mengakses portal pendaftaran SSCN-BKN dan mengikuti instruksi berikut:

  1. Klik tombol “Pendaftaran” untuk memulai proses.
  2. Isi informasi pribadi Anda seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (NIK KK), Nama Lengkap sesuai KTP, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir.
  3. Jika ada kendala terkait data KTP, hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai KTP Anda.
  4. Masukkan kode captcha yang ditampilkan.
  5. Klik “Lanjutkan” setelah data terisi dengan benar.
  6. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk membandingkan data KTP dengan data ijazah.
  7. Unggah pas foto sesuai ketentuan.
  8. Isi data lain seperti E-mail, Password, Pertanyaan Pengaman, dan Jawaban Pengaman.
  9. Pastikan semua data terisi dengan benar dan lengkap.
  10. Klik “Lanjutkan” untuk melanjutkan proses.

Langkah 2: Verifikasi Administrasi

Dalam tahap ini, Anda perlu melengkapi dokumen-dokumen administrasi sebagai berikut:

  • Foto atau scan KTP elektronik.
  • Scan Kartu Keluarga (KK).
  • Pas foto formal ukuran 4×6 cm dengan latar belakang merah.
  • Fotokopi ijazah dan transkrip nilai terlegalisir.
  • Surat keterangan akreditasi jurusan dan lembaga pendidikan dari BAN PT.
  • Surat lamaran pekerjaan yang ditandatangani.
  • Surat keterangan atau pernyataan mengenai niat mengikuti seleksi CPNS 2023.

Langkah 3: Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan Computer Assisted Test (CAT)

Tahap selanjutnya adalah mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT). SKD ini terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Poin-poin penting dalam tahap ini:

  • SKD memiliki bobot penilaian sebesar 40% dari total nilai keseluruhan.
  • Kelulusan SKD ditentukan oleh passing grade yang diatur oleh Kementerian PANRB.
  • Pelamar yang lulus SKD akan diundang untuk Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).
BACA JUGA :  Tausyiah Bersama Polri Dalam Program Mutiara Pagi, Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sekolah.

Langkah 4: Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Pada tahap ini, pelamar akan mengikuti berbagai ujian untuk mengukur kompetensi bidang, termasuk tes psikologi, wawancara, dan tes keterampilan (khusus untuk beberapa jabatan). Poin-poin penting dalam tahap SKB:

  • SKB memiliki bobot penilaian sebesar 60% dari total nilai keseluruhan.
  • Pelamar akan mengikuti tes kompetensi jabatan menggunakan CAT (50%), tes psikologi (20%), serta wawancara dan presentasi (30%).

Ingatlah bahwa kesuksesan dalam seleksi CPNS memerlukan persiapan yang matang dan konsisten. Pastikan Anda mengikuti setiap tahap dengan teliti dan tepat waktu. Semoga informasi ini membantu Anda dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti proses seleksi CPNS tahun 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *