Pj Gubernur Banten Al Muktabar Lakukan Penyesuaian Jurusan SMK dengan Metode Perkembangan Zaman

oleh

Serang Banten || Compaskotanews.com – Al Muktabar, Penjabat (Pj) Gubernur Banten, mengungkapkan niatnya untuk menyesuaikan jurusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri di Banten dengan dinamika perkembangan zaman. Pernyataan ini disampaikannya saat meresmikan hasil pembangunan Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK) negeri di Kabupaten Serang pada Selasa, 30 Januari 2024.

“Pemerintah hadir untuk terus meningkatkan mutu pendidikan,” ujar Al Muktabar setelah meresmikan pembangunan di SMKN 1 Baros, Kabupaten Serang. Infrastruktur ini diakui sebagai upaya Pemerintah Provinsi Banten untuk fokus pada sekolah kejuruan.

Pj Gubernur Banten menegaskan bahwa pihaknya sedang melakukan review terhadap berbagai ruang ke depan yang dapat menghubungkan dunia usaha dengan dunia pendidikan. Salah satu langkah yang diambil adalah mengarahkan jurusan otomotif ke bidang listrik sebagai respons terhadap perkembangan teknologi.

“Kita perlu inovasi untuk menyikapi perkembangan ke depan. Sehingga kita siap dengan perubahan yang cepat itu,” tambahnya.

Al Muktabar menjelaskan bahwa penyesuaian akan dilakukan pada bidang-bidang yang produktif dan terus berkembang, dengan tujuan mengembangkan sumber daya manusia. Ia menyampaikan bahwa ada norma standar prosedur dan kriteria yang ditetapkan oleh kementerian/lembaga, dan penting untuk berkomunikasi agar dapat memahami kondisi riil di masing-masing daerah.

Gubernur sementara ini menyatakan bahwa Banten, sebagai daerah industri, sangat membutuhkan tenaga kerja di bidang kimia dasar. Ia berharap pembangunan di bidang pendidikan ini akan meningkatkan kualitas pendidikan di Banten, mengingat pentingnya sumber daya manusia sebagai kunci keberhasilan bangsa.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten, Tabrani, menambahkan bahwa enam sekolah, termasuk SMKN 1 Baros dan SMAN 1 Lebakwangi, diresmikan pada kegiatan tersebut. Ia juga menyebut bahwa Pemerintah Provinsi Banten telah membangun sarana prasarana sekolah di 13 SMA dan 15 SMK negeri di Kabupaten Serang.

“Hari ini titik ketiga wilayah peresmian sarana prasarana sekolah yang dilakukan Pj Gubernur Banten. Pertama di Kota Serang, Cilegon, dan Kabupaten Serang,” jelas Tabrani.

BACA JUGA :  Peringatan Dini Cuaca Hari Ini (16/3) Hujan Lebat plus Petir: Berlaku di Provinsi Mana Saja?

Dindikbud Provinsi Banten mengumumkan bahwa, selain dua Unit Sekolah Baru (USB) yang telah selesai dibangun pada tahun 2023 di Kabupaten Serang, pembangunan juga mencakup ruang praktik siswa di beberapa SMK negeri. Sesuai arahan Pj Gubernur Banten, inovasi dilakukan dengan membuka jurusan kekinian, seperti jurusan otomotif berbasis listrik.

Dengan pembangunan ini, diharapkan pendidikan di Banten semakin berkualitas, menjadikan sumber daya manusia yang handal sebagai pilar keberhasilan bangsa.

(Tf/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *