Awas Gelombang Tinggi Ancam Keselamatan Pelayaran di Laut Banten: BMKG Minta Waspada

oleh

Serang Kota, 04 Maret 2024 || Compaskoranews.com — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan serius kepada pelaku pelayaran terkait gelombang tinggi yang mencapai empat meter di perairan Laut Banten, mulai hari ini.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang, Tatang Rusmana, menyatakan bahwa gelombang tinggi tersebut berpotensi mengancam keselamatan para pelaut, terutama nelayan, kapal feri, tongkang, pesiar, dan kargo yang melintasi perairan Selatan Banten, Samudera Hindia, dan Selat Sunda bagian selatan.

BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko tinggi kecelakaan laut yang disebabkan oleh gelombang tinggi tersebut.

Para pelaku pelayaran diharapkan untuk memperhatikan dengan serius peringatan BMKG terkait gelombang tinggi empat meter di laut Banten.

Meskipun penyeberangan Merak (Banten) dan Bakauheni (Lampung) masih relatif aman dan normal, BMKG tetap meminta para pelaut untuk tetap waspada.

Gelombang tinggi di Selat Sunda bagian utara mencapai 1,25 meter, yang masih dianggap dalam kategori sedang.

Peringatan BMKG ini menjadi sorotan utama bagi para pelaku pelayaran yang melintasi Laut Banten, menambah kesadaran akan pentingnya kewaspadaan dalam menghadapi kondisi cuaca yang ekstrem.

Dalam upaya menjaga keselamatan dan mencegah kecelakaan laut, kolaborasi antara BMKG dan pelaku pelayaran menjadi kunci utama untuk mengurangi risiko yang mungkin terjadi akibat gelombang tinggi di laut Banten.

(Tf/red)

BACA JUGA :  Peran Media Massa dalam Pemilu: Pilar Demokrasi dan Tanggung Jawab Informasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *