Penetapan 100 Caleg Terpilih DPRD Banten Hasil Pemilu 2024: KPU Umumkan Nama-nama Resmi

oleh

Serang Kota, 03 April 2024 || Compaskotanews.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten telah menetapkan 100 calon anggota legislatif (caleg) terpilih DPRD Banten hasil Pemilu 2024. Penetapan ini merupakan tonggak penting dalam perjalanan demokrasi di Banten, menandakan berakhirnya proses pemilihan dengan damai dan teratur.

Ketua KPU Banten, M Ihsan, mengumumkan bahwa penetapan ini dilakukan setelah mendapat petunjuk dari KPU RI dan konfirmasi dari Mahkamah Konstitusi (MK) bahwa tidak ada perselisihan hasil pemilu di Banten. “Kami diperintahkan untuk melakukan penetapan kursi dan juga penetapan calon terpilih,” ujar Ihsan.

Penetapan 100 caleg ini didasarkan pada suara terbanyak yang diperoleh di setiap daerah pemilihan (dapil). KPU Banten memiliki 12 dapil, dan pleno penetapan dihadiri oleh perwakilan partai peserta pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

“Proses penetapan sudah kita lakukan dan disahkan,” lanjut Ihsan. “Selanjutnya kita akan menandatangani berita acara dan surat keputusan penetapan perolehan kursi serta penetapan calon terpilih anggota DPRD Provinsi Banten periode 2024-2029.”

Rekapitulasi hasil pemilu menunjukkan bahwa sejumlah partai politik meraih kursi di DPRD Banten. Berikut hasilnya: PKB memperoleh 10 kursi, Gerindra 14 kursi, PDIP 14 kursi, Golkar 14 kursi, NasDem 10 kursi, PKS 13 kursi, PAN 7 kursi, Demokrat 11 kursi, PSI 3 kursi, dan PPP 4 kursi.

Waktu pelantikan caleg terpilih tersebut, menurut Ihsan, direncanakan pada September 2024. KPU Banten kini bersiap untuk memastikan proses pelantikan berjalan lancar. “Kami berharap semuanya berjalan sesuai rencana dan Banten bisa memiliki DPRD yang siap bekerja untuk rakyat,” kata Ihsan.

Penetapan ini membawa harapan baru bagi masyarakat Banten, dengan hadirnya wajah-wajah baru dan beberapa tokoh lama yang kembali dipercaya untuk mengemban tugas di DPRD. KPU Banten akan terus berupaya menjaga transparansi dan integritas dalam setiap tahap proses pemilu.

Dengan penetapan ini, langkah menuju pelantikan resmi semakin dekat, dan harapan masyarakat Banten terhadap calon-calon terpilih untuk membawa perubahan positif semakin tinggi. KPU Banten tetap berkomitmen untuk memastikan proses demokrasi berjalan dengan baik dan lancar, memberikan ruang bagi masyarakat untuk memberikan suara mereka dengan bebas dan adil.

BACA JUGA :  Tiga Anggota TNI dan Oknum Paspampres Menjadi Tersangka Pelaku Kasus Pembunuhan dan Pembuangan Mayat di Waduk Purwakarta

(Toni f/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *