Kebakaran Hebat di Mal Rangkasbitung Lebak, Diduga Penyebab Korsleting Listrik, Kerugian Ditaksir Rp 150 Juta

oleh

Lebak, Banten, 04 Mei 2024 || Compaskotanews.com — Sebuah kebakaran besar terjadi di sebuah mal di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, dini hari tadi. Insiden ini diduga disebabkan oleh korsleting listrik yang mengakibatkan kerusakan besar dan kerugian materiil hingga Rp 150 juta.

Rangkasbitung terjadi pada Sabtu, 4 Mei 2024, sekitar pukul 00.30 WIB. Kobaran api muncul secara tiba-tiba dan dengan cepat membakar sejumlah toko di dalam mal. Peristiwa ini mengejutkan warga sekitar dan para pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di dekat lokasi, membuat mereka berhamburan menyelamatkan diri.

Anggota Pemadam Kebakaran Lebak, Ade Apriadi, mengatakan bahwa tim mereka segera beraksi setelah menerima laporan dari warga tentang kebakaran ini. Tim Damkar tiba di lokasi untuk memadamkan api yang terus membesar.

Menurut penjelasan Ade, api pertama kali muncul di salah satu toko makanan di dalam mal. Kemudian, kobaran api menyebar ke bagian lobi utama dan toko-toko lainnya. Diduga kuat bahwa penyebab kebakaran ini adalah korsleting listrik yang terjadi di toko makanan tersebut.

Damkar mengerahkan dua unit mobil ke lokasi kejadian. Tim bekerja keras untuk mengendalikan kobaran api dan mencegah penyebaran lebih lanjut yang dapat membahayakan bagian lain dari mal.

Meskipun kebakaran ini cukup besar, beruntung tidak ada korban jiwa yang dilaporkan. Tim Damkar dengan cepat berhasil memadamkan api dan melakukan pendinginan untuk memastikan tidak ada percikan yang dapat memicu kebakaran baru.

Kerugian akibat kebakaran ini ditaksir mencapai Rp 150 juta. Beberapa toko mengalami kerusakan berat, dan pemiliknya harus menanggung kerugian finansial yang cukup besar.

Setelah api dipadamkan, tim Damkar melakukan tindakan pembersihan dan evaluasi untuk memastikan keamanan di lokasi. Langkah ini juga penting untuk menghindari kebakaran susulan akibat sisa-sisa percikan yang mungkin masih ada.

BACA JUGA :  Penipuan Tenaga Kerja di Serang: Polisi Tangkap Pelaku yang Raup Rp300 Juta

Warga Diminta Waspada
Pihak berwenang menghimbau warga dan pemilik toko untuk selalu waspada dan rutin memeriksa instalasi listrik untuk mencegah terjadinya kebakaran serupa di masa depan. Keselamatan dan kewaspadaan adalah kunci dalam mencegah bencana.

Meski diduga kuat bahwa kebakaran ini disebabkan oleh korsleting listrik, penyelidikan lanjutan masih dilakukan untuk memastikan penyebab pasti dan menghindari kesalahan di masa depan.

Kecepatan respon dari tim Damkar Lebak diapresiasi oleh warga sekitar. Respons cepat ini berhasil mencegah api menyebar ke area lain dan menyelamatkan nyawa serta harta benda.

Keberhasilan pemadaman kebakaran juga tak lepas dari peran masyarakat yang cepat melaporkan kejadian ini ke pihak berwenang. Kerja sama yang baik antara masyarakat dan tim Damkar terbukti efektif dalam menanggulangi kebakaran.

Kebakaran ini menjadi pengingat bagi para pengusaha dan pemilik toko untuk memastikan sistem kelistrikan yang aman dan terawat. Tindakan pencegahan seperti ini sangat penting untuk menghindari insiden yang dapat merugikan banyak pihak.

(Tf/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *