Sering Alami Terjadi Musibah, Polda Banten Gencar Awasi Bus Pariwisata untuk Cegah Kecelakaan Lalu Lintas

oleh

Serang Kota, 18 Mei 2024 || Compaskotanews.com — Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Leganek, menyampaikan bahwa Polda Banten tengah melakukan pengawasan intensif terhadap bus pariwisata guna mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas, terinspirasi oleh peristiwa tragis di Subang, Jawa Barat. Kegiatan pengawasan ini dilakukan bekerja sama dengan Dishub Provinsi Banten, Jasa Raharja, dan pihak terkait lainnya di Pool Bus Armada Jaya Perkasa, Kaligandu Kota Serang.

Pengawasan ini melibatkan pengecekan menyeluruh terhadap supir dan kondisi kendaraan, dengan fokus pada kelengkapan dokumen, ijin operasional, serta pemeriksaan fisik kendaraan termasuk ban, stir, rem, wiper, spion, dan lampu. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa kendaraan yang digunakan untuk angkutan umum, khususnya bus pariwisata, layak untuk beroperasi di jalan raya maupun jalan tol, sehingga dapat meminimalisir risiko kecelakaan.

Dalam upaya mengedukasi dan mengimbangi supir, Polda Banten juga memberikan imbauan agar setiap supir memastikan kendaraannya dalam kondisi layak jalan sebelum memulai perjalanan. Selain itu, mereka juga melakukan pemeriksaan terhadap kemampuan supir untuk menghindari penggunaan obat-obatan terlarang, narkotika, serta pengaruh alkohol yang dapat mengganggu kemampuan mengemudi.

Hasil pengawasan menunjukkan bahwa dari 25 kendaraan yang diperiksa, semuanya memenuhi standar keselamatan yang ditetapkan. Meskipun demikian, Polda Banten tetap mengimbau kepada pengusaha angkutan umum dan supir untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dengan mempersiapkan kendaraan secara baik dan mematuhi aturan lalu lintas.

Kombes Pol Leganek menegaskan bahwa upaya ini merupakan bagian dari komitmen Polda Banten dalam menjaga keselamatan masyarakat pengguna jalan raya, serta memastikan bahwa transportasi umum, terutama bus pariwisata, menjadi sarana yang aman dan nyaman bagi wisatawan di Banten.

(Tf/red)

BACA JUGA :  Polri Akan Gelar Operasi Mantap Brata Amankan Pemilu 2024, Cooling System Jadi Salah Satu Strategi
Floating Ad with AdSense
X

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *