Banyaknya Kecelakaan Bus: Dishub Provinsi Banten Gelar Ramp Check Puluhan Bus Pariwisata di Anyer

oleh

Serang, Banten || Compaskotanews.com – Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Banten melaksanakan ramp check terhadap puluhan bus pariwisata di Pantai Batu Saung, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Kamis (23/5/2024).

Dalam upaya meningkatkan keselamatan transportasi, BPTD Banten berencana melaksanakan kegiatan ramp check ini selama empat hari ke depan. Pemeriksaan ini akan berlangsung di beberapa lokasi di Banten, mulai Kamis 23 Mei hingga Minggu 26 Mei 2024.

Kepala BPTD Kelas II Banten, Benny Nurdin Yusuf, menjelaskan bahwa kegiatan ramp check ini dilakukan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten, Jasa Raharja, dan Kepolisian Daerah (Polda) Banten. Kerjasama ini bertujuan untuk memastikan seluruh bus pariwisata yang beroperasi di wilayah tersebut memenuhi standar keselamatan.

“Kami melakukan pemeriksaan yang meliputi tiga aspek utama: administrasi, persyaratan teknis, dan persyaratan layak jalan,” ujar Benny. Pemeriksaan ini penting untuk memastikan bahwa setiap bus pariwisata beroperasi sesuai dengan regulasi yang berlaku dan dapat menjamin keselamatan penumpang.

Selain aspek-aspek tersebut, Benny menambahkan bahwa timnya juga melakukan pengecekan fasilitas dalam bus. Fasilitas yang diperiksa antara lain kelengkapan wiper, kaca spion, sistem penerangan, serta kondisi fisik bus.

Pemeriksaan fasilitas bus pariwisata juga melibatkan visualisasi atau pra uji. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa setiap komponen bus dalam kondisi baik dan berfungsi dengan benar. “Kita periksa juga visualisasi atau pra uji, seperti wiper, kaca spion, sistem penerangan, dan seterusnya,” kata Benny.

Selain aspek teknis, administrasi bus juga menjadi fokus utama dalam pemeriksaan ini. Administrasi yang diperiksa meliputi kelengkapan surat-surat kendaraan, izin operasional, serta dokumen pendukung lainnya yang wajib dimiliki oleh bus pariwisata.

Pemeriksaan ini juga didukung oleh Jasa Raharja yang memastikan bahwa setiap bus pariwisata memiliki asuransi yang melindungi penumpang. Hal ini penting untuk memberikan rasa aman bagi penumpang selama perjalanan.

BACA JUGA :  Pj Wali Kota Serang Yedi Rahmat Tidak Main - main dan Tegas Bakal Bongkar THM yang Kembali Beroperasi

Pihak kepolisian dari Polda Banten juga turut serta dalam kegiatan ini. Mereka memastikan bahwa bus pariwisata mematuhi peraturan lalu lintas dan tidak melanggar ketentuan yang dapat membahayakan penumpang maupun pengguna jalan lainnya.

Selama empat hari ke depan, tim gabungan akan terus melakukan ramp check di berbagai titik di Banten. Tujuannya adalah untuk menekan angka kecelakaan dan memastikan setiap bus pariwisata layak beroperasi.

Pemeriksaan ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat dan pengusaha transportasi. Mereka menyadari bahwa keselamatan penumpang adalah prioritas utama yang tidak boleh diabaikan.

Kegiatan ramp check ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para pengusaha bus pariwisata untuk selalu menjaga kondisi kendaraan mereka. Dengan demikian, keselamatan dan kenyamanan penumpang dapat terjamin sepanjang perjalanan wisata.

BPTD Banten dan tim gabungan berharap bahwa melalui kegiatan ini, standar keselamatan transportasi di Banten akan terus meningkat. Mereka juga mengimbau masyarakat untuk selalu memilih bus pariwisata yang telah lulus pemeriksaan ramp check sebagai moda transportasi wisata mereka.

(Tf/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *