Desa Panyabrangan Kecamatan Ci Keusal Realisasikan DD Tahap satu Tahun Anggaran 2024 untuk Pembangunan Rehabilitasi Jalan Rabat Beton Manual

oleh

Serang compaskotanews, 29 Mei 2024 – Desa Panyabrangan Kecamatan Ci Keusal Kabupaten Serang telah memulai pelaksanaan pembangunan rehabilitasi jalan rabat beton manual sebagai bagian dari realisasi Dana Desa Tahap Satu tahun 2024. Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan infrastruktur jalan di desa, memudahkan aksesibilitas warga, serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

Pelaksanaan proyek ini dimulai dengan tahap persiapan yang melibatkan survei dan pemetaan jalan-jalan yang membutuhkan perbaikan. Kepala Desa Panyabrangan,Sukma menyatakan bahwa program ini telah melalui proses perencanaan yang matang dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah desa, tokoh masyarakat, dan perwakilan warga.

“Kami berkomitmen untuk memanfaatkan Dana Desa dengan sebaik-baiknya demi kesejahteraan masyarakat. Pembangunan jalan rabat beton ini diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi warga Desa Panyabrangan,” ujar Bapak Sukma.

Proyek rehabilitasi jalan rabat beton manual ini mencakup beberapa titik kritis yang selama ini menjadi keluhan warga. Jalan-jalan yang akan diperbaiki antara lain Jalan Lingkungan pemukiman Desa,di Kampung Pasir Buah RT 016 RW 004 dengan volume total Panjang 182 meter Lebar 2,5 meter tinggi 0,15 cm ,dengan anggaran sebesar Rp 108.650.000 (seratus delapan juta enam ratus lima puluh ribu rupiah) Bersumber dari Dana Desa Tahap Satu tahun Anggaran 2024.

Dalam pelaksanaannya, proyek ini melibatkan tenaga kerja lokal guna memberikan kesempatan kerja bagi warga setempat. Dengan metode rabat beton manual, diharapkan kualitas jalan yang dihasilkan akan lebih baik dan tahan lama dibandingkan dengan metode konvensional lainnya.

Tim pelaksana Kegiatan Desa Panyabrangan, Nana Suryana , menjelaskan bahwa total anggaran yang dialokasikan untuk proyek ini mencapai Rp 108.650000 juta. Dana ini berasal dari Dana Desa Tahap Satu tahun 2024 yang telah cair pada bulan April lalu.

BACA JUGA :  DPR RI Dari Komisi 2 Setujui UU ASN No 20 Tahun 2023 di Sahkan, Demi Keadilan PNS dan PPPK Punya Hak dan Kewajiban yang Sama

“Kami sangat bersyukur dana desa tahap pertama sudah bisa direalisasikan dan digunakan untuk proyek ini. Kami berharap proyek ini berjalan lancar dan selesai tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,”dalam pengerjaan Nya pun di lakukan secara selektif sesuai spesifikasi biar hasilnya baik dan terbaik ungkap Nana Suryana.

Proses pengerjaan jalan dimulai pada Pertengahan Mei 2024 dan direncanakan akan selesai dalam waktu satu bulan. Warga desa terlihat antusias dengan adanya proyek ini, mengingat jalan yang baik akan mempermudah aktivitas sehari-hari, termasuk akses ke sekolah, pasar, dan pusat pelayanan kesehatan.

“Dengan adanya jalan yang lebih baik, kami tentu lebih mudah dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Anak-anak bisa berangkat ke sekolah dengan lebih aman, dan kami juga bisa menjual hasil pertanian ke pasar dengan lebih lancar,” ujar Bapak Hasan, salah satu warga Desa Panyabrangan.

Proyek ini juga mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten yang memberikan pendampingan teknis dan supervisi untuk memastikan proyek berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Pemerintah Kabupaten berharap proyek ini bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam memanfaatkan Dana Desa secara efektif.

Warga setempat khususnya Kp Pasir buah RT 016 RW 004,umumnya masyarakat Desa panyabrangan Kecamatan ci Keusal, memberikan apresiasi terhadap inisiatif pemerintah Desa Panyabrangan dalam memanfaatkan Dana Desa untuk pembangunan infrastruktur yang bermanfaat langsung bagi masyarakat. “Kami bangga dengan Desa Panyabrangan yang bisa mengelola Dana Desa dengan baik. Semoga ini bisa menjadi inspirasi bagi desa lainnya,” katanya.

Dengan selesainya proyek rehabilitasi jalan rabat beton manual ini, diharapkan aksesibilitas dan mobilitas warga Desa Panyabrangan akan meningkat secara signifikan. Hal ini juga diharapkan dapat mendorong peningkatan perekonomian desa melalui kelancaran distribusi hasil pertanian dan produk lokal lainnya.

BACA JUGA :  Darurat Sampah di Kabupaten Serang: Jalan Raya Dipenuhi Sampah, Warga Menuntut Tindakan Serius Bupati Serang

Investigasi yang dilakukan Media compaskotanews terjun langsung ke lokasi,menunjukan bahwa proyek rehabilitasi jalan lingkungan di Desa panyabrangan Kecamatan ci Keusal sesuai dengan spesipikasi teknis yang telah ditetapkan.penggunaan bahan berkualitas dan tehnis pelaksanaan yang baik memastikan bahwa jalan yang optimal, pemerintah Desa dan warga berharap proyek ini selesai tepat waktu dan memberikan manfaat jangka panjang bagi seluruh masyarakat.
Dengan hasil ini Media compaskotanews akan terus memantau perkembangan proyek hingga selesai,sebagai bagian dari komitmen kami dalam mengawal pembangunan yang terbuka dan transparan.

Keberhasilan proyek ini menjadi bukti nyata bahwa pengelolaan Dana Desa yang transparan dan akuntabel dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan desa. Desa Panyabrangan berkomitmen untuk terus melanjutkan program-program pembangunan lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *