Desa Pasir Kembang Kecamatan Pamarayan: Menggali Potensi dengan Program Ketapang untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

oleh

Serang Banten, 12 Juni 2024 || Compaskotanews.com —
Desa Pasir Kembang, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang, telah berhasil merealisasikan Program Ketapang selama tiga tahun anggaran berturut-turut, yaitu 2022, 2023, dan 2024. Program yang dirancang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat ini mencakup berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan.

Pada tahun anggaran 2022, fokus utama Program Ketapang adalah pembangunan infrastruktur dasar. Kepala Desa Pasir Kembang Saepudin, menjelaskan bahwa pada tahun tersebut, dana program sebagian besar digunakan untuk pembangunan jalan usaha tani (JUT) di Kampung Babakan Lor RT 04 RW 01. Pembangunan ini meliputi cor jalan sepanjang 130 meter dengan lebar 2 meter dan tinggi 0,15 cm. Selain itu, dua ekor kerbau dan mesin traktor juga dibeli untuk kelompok tani di desa tersebut. “Pembangunan jalan usaha tani yang baik menjadi tulang punggung untuk memperlancar kegiatan tani dan mobilisasi masyarakat,” ujar Saepudin.

Pada tahun anggaran 2023, Program Ketapang masih berfokus pada pembangunan jalan usaha tani, kali ini di Kampung Kandang RT 13 RW 04. Proyek ini meliputi pembangunan jalan paving block sepanjang 150 meter dengan lebar 1,20 meter. Selain itu, satu ekor kerbau dan dua mesin traktor juga disediakan untuk warga setempat.

Pada tahun anggaran 2024, Program Ketapang memprioritaskan pemberdayaan masyarakat dan melanjutkan pembangunan infrastruktur. Jalan usaha tani kembali menjadi fokus utama dengan pembangunan di Kampung Pasir Kembang RT 01 RW 01 yang meliputi cor jalan sepanjang 84 meter dengan lebar 2 meter dan tinggi 0,15 cm. Pembangunan jalan paving block juga dilanjutkan di Kampung Kandang RT 13 RW 04 dan Kampung Babakan Lor RT 04 RW 01.

BACA JUGA :  Proyek Pembangunan Jalan Tol Serang - Panimbang Mamasuki Seksi 3 dan Akan Rampung Akhir Januari 2024

Selain pembangunan infrastruktur, Program Ketapang tahun 2024 juga menekankan pada pemberdayaan ekonomi masyarakat. Program ini termasuk pembesaran 15 ekor kambing yang dikelola oleh kelompok masyarakat desa serta berbagai pelatihan keterampilan dan bantuan modal usaha. “Kami mengadakan pelatihan seperti bertani dan beternak untuk memberikan bekal kepada warga agar dapat membuka usaha sendiri,” kata Saepudin.

Aspek lingkungan hidup juga tidak luput dari perhatian Program Ketapang. Pada tahun 2024, desa melakukan penghijauan dengan menanam pohon ketapang di area sekitar desa. Penanaman ini selain untuk penghijauan juga berfungsi sebagai upaya untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat di masa mendatang.

Keberhasilan Program Ketapang di Desa Pasir Kembang tidak lepas dari peran aktif seluruh elemen masyarakat. Melalui gotong royong dan partisipasi aktif, masyarakat bersama-sama mewujudkan desa yang lebih maju dan sejahtera. “Kami sangat berterima kasih kepada seluruh warga yang telah ikut serta dalam program ini. Kerja sama yang baik antara pemerintah desa dan masyarakat sangat penting untuk keberhasilan program ini,” ungkap Saepudin.

Dengan terealisasinya Program Ketapang selama tiga tahun berturut-turut, Desa Pasir Kembang diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam mengelola dana desa untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. “Kami berharap desa-desa lain bisa meniru langkah kami dalam merealisasikan program-program pembangunan yang berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Program Ketapang ini juga mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Serang. Bupati Serang menyatakan bahwa Desa Pasir Kembang telah berhasil mengoptimalkan penggunaan dana desa untuk kepentingan masyarakat luas. “Apa yang dilakukan oleh Desa Pasir Kembang sangat patut diapresiasi. Mereka mampu memanfaatkan dana desa secara efektif dan tepat sasaran,” pungkas Bupati Serang.

BACA JUGA :  Jelang Pemilu 2024, Pemprov Banten Maksimalkan Jaringan Internet di Zona Blank Spot

Ke depan, Desa Pasir Kembang berkomitmen untuk terus melanjutkan program-program yang telah berjalan serta mengembangkan inovasi-inovasi baru untuk kesejahteraan masyarakat. “Kami akan terus berupaya agar Desa Pasir Kembang semakin maju dan masyarakatnya semakin sejahtera,” tutup Saepudin.

(Tf/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *