Hujan Lebat, Petir, dan Angin Kencang Diprediksi Melanda Beberapa Wilayah Indonesia pada 18-19 Juni 2024

oleh

Jakarta|| Compaskotanews.com — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan beberapa wilayah di Indonesia akan dilanda hujan lebat, angin kencang, dan petir pada Selasa (18/6/2024) dan Rabu (19/6/2024).

Sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Pasifik utara Papua, membentuk daerah perlambatan kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang di Samudera Pasifik tenggara Filipina bagian selatan. BMKG juga mendeteksi daerah pertemuan angin atau konfluensi yang memanjang di Samudera Pasifik sebelah utara Papua Barat Daya. “Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut,” ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG,

Selain itu, BMKG juga mendeteksi konvergensi yang memanjang dari Samudera Hindia barat Aceh hingga Sumatera Utara, dari pesisir timur Malaysia hingga Laut Natuna, dari Kalimantan Utara hingga Sabah, dan dari Laut Flores hingga Selat Makassar bagian selatan. Wilayah lainnya adalah Teluk Tomini hingga Laut Sulawesi, Laut Banda, dari Laut Aru hingga Laut Seram, dari Laut Sulu hingga Filipina bagian selatan, dan Samudera Pasifik utara Papua. “Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut,” jelas Guswanto.

Faktor lain yang berkontribusi pada terciptanya hujan lebat, angin kencang, dan petir adalah labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal. Fenomena tersebut berada di sebagian besar Aceh, Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Jambi, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, hingga Papua Pegunungan.

Prakiraan Cuaca untuk 18-19 Juni 2024

Selasa (18/6/2024):

Hujan Lebat, Angin Kencang, dan Petir: Aceh, Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua.
Hujan, Angin Kencang, dan Petir: Sumatera Barat, Lampung, Banten, Jawa Barat, Sulawesi Selatan.
Angin Kencang: Nusa Tenggara Timur.
Rabu (19/6/2024):

Hujan Lebat, Angin Kencang, dan Petir: Sumatera Utara, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, Papua.
Hujan, Angin Kencang, dan Petir: Aceh, Sumatera Barat, Kep. Riau, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Maluku Utara.
Angin Kencang: Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat.
Waspadai potensi cuaca ekstrem di wilayah-wilayah tersebut dan siapkan langkah antisipatif untuk menghindari dampak buruk yang mungkin terjadi.

BACA JUGA :  Kota Serang Perlu Pemimpin Yang Amanah Dan Dekat Serta Terus Open Dengan Para Pendukungnya

(***/Ckn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *