Desa Padasuka Alokasikan Dana Desa tahun Anggaran 2024 untuk pembangunan jalan Rabat beton di Kampung Ci Kokosan

oleh

Compaskotanews Baros, 22 Juni 2024 – Desa Padasuka, yang terletak di Kecamatan Baros, kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan infrastruktur desa melalui alokasi dana desa tahap satu tahun anggaran 2024. Alokasi dana ini akan difokuskan pada pembangunan jalan lingkungan dengan menggunakan teknologi rabat beton.

Kepala Desa Padasuka, Ismar Barbara mengungkapkan bahwa pembangunan jalan rabat beton ini,lokus di Kampung Ci Kokosan RT 003 RW 009,panjang 500 meter lebar 120cm tinggi 10 cm,merupakan prioritas utama pemerintah desa untuk tahun ini. “Pembangunan jalan ini sangat penting untuk memperlancar akses transportasi warga dan mendukung aktivitas ekonomi di Desa Padasuka,” ujarnya saat ditemui di kantor desa.

Dana desa tahap satu yang dialokasikan mencapai Rp164 juta, yang akan digunakan untuk pembangunan jalan sepanjang 500 meter. Jalan ini akan menghubungkan beberapa dusun di Desa Padasuka, yang selama ini mengalami kesulitan akses terutama saat musim hujan.

Rabat beton dipilih sebagai material utama karena memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan aspal, terutama untuk lingkungan pedesaan yang sering terkena dampak cuaca ekstrem. “Dengan menggunakan rabat beton, kami berharap umur jalan bisa lebih panjang dan perawatannya lebih mudah,” tambah Ismar Barbara.

Proses pembangunan akan melibatkan partisipasi aktif dari warga desa. Pemerintah desa bekerja sama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD),RT, RW dan tokoh masyarakat untuk memastikan proyek ini berjalan lancar dan sesuai dengan kebutuhan warga. “Kami mengutamakan transparansi dan partisipasi warga dalam setiap tahap pembangunan,” jelas Ismar Barbara

Salah satu warga Desa Padasuka,Abah Enjen(65 tahun), menyambut baik proyek ini. “Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah desa yang memperhatikan kebutuhan kami. Dengan adanya jalan rabat beton, anak-anak bisa berangkat sekolah dengan lebih aman, dan akses ke pasar menjadi lebih mudah,” ujarnya dengan senyum.

BACA JUGA :  Diduga Korupsi Rp 200 Juta, Mantan Kades di Tambakromo Pati Jawa Tengah Diringkus Polisi

Selain memperbaiki akses transportasi, pembangunan jalan ini juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian desa. Dengan jalan yang lebih baik, hasil pertanian dan produk lokal lainnya bisa lebih mudah dipasarkan ke luar desa. “Ini akan membuka peluang usaha baru bagi warga,” kata Ismar Barbara.

Pemerintah Kecamatan Baros, melalui Camat Baros, juga mendukung penuh inisiatif Desa Padasuka. “Kami melihat Desa Padasuka sebagai contoh desa yang proaktif dalam memanfaatkan dana desa untuk kesejahteraan warganya. Semoga desa-desa lain dapat mengikuti jejak ini,” katanya dalam kesempatan terpisah.

Tidak hanya pembangunan fisik, desa juga telah menyiapkan program pemeliharaan jalan agar jalan yang dibangun tetap dalam kondisi baik. “Kami sudah mengalokasikan anggaran untuk pemeliharaan rutin, dan warga juga akan dilibatkan dalam kegiatan gotong royong untuk menjaga kebersihan dan kelestarian jalan,” ungkap PJ Kepala Desa Padasuka..

Pembangunan jalan rabat beton di Desa Padasuka dijadwalkan selesai dalam waktu satu bulan. Pemerintah desa berharap, setelah proyek ini selesai, akan ada peningkatan signifikan dalam kualitas hidup warga desa. “Kami optimis, dengan infrastruktur yang lebih baik, Desa Padasuka akan semakin maju,” kata Ahmad penuh harap.

Keberhasilan proyek ini juga diharapkan dapat mendorong program-program pembangunan lainnya di desa. Pemerintah desa berencana untuk terus mengoptimalkan penggunaan dana desa untuk berbagai proyek yang bermanfaat bagi warga. “Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” pungkas Ismar Barbara.

Pembangunan infrastruktur desa merupakan salah satu program strategis yang diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di pedesaan. Desa Padasuka dengan semangat gotong royong dan partisipasi warganya, menjadi contoh nyata bagaimana dana desa dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien.(Cep red)

BACA JUGA :  Fly Over Bogeg Kota Serang Jadi Sarang Tempat Kongko Kongko Dan Miras.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *