Pj Walikota Serang Yedi Rahmat di Dampingi Kadis Dindik Suherman, Tinjau PPDB SMPN 1 Kota Serang Berlangsung Sesuai Aturan

oleh

Serang Kota, Kamis, 04 Juli 2024 || Compaskotanews.com — Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kota Serang telah dimulai sejak 3 Juli dan akan berlangsung hingga 6 Juli 2024. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang Tb. Suherman beserta jajarannya mendampingi Pj Walikota Serang Yedi Rahmat dalam meninjau langsung pelaksanaan PPDB di SMPN 1 Kota Serang.

Dalam tinjauannya, Yedi Rahmat mengungkapkan bahwa pelaksanaan PPDB di SMPN 1 Kota Serang sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. “Alhamdulillah, pagi ini kita melihat secara langsung pelaksanaan PPDB di SMPN 1, dan hasilnya juga sesuai dengan aturan yang berlaku tanpa adanya hal-hal yang tidak kita inginkan,” ujarnya.

Yedi Rahmat juga menyampaikan bahwa antusiasme orang tua dan peserta didik baru di SMPN 1 Kota Serang cukup tinggi. “Tadi kami coba lihat data yang ada, yang sudah masuk dari jalur zonasi sampai dengan saat ini sebanyak 535 pendaftar, dan sudah terverifikasi sebanyak 184,” tambahnya.

Ia berharap pelaksanaan PPDB di Kota Serang berjalan lancar dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Mudah-mudahan pelaksanaan PPDB di Kota Serang berjalan lancar. Kemarin juga Pak Sekda melihat langsung di SDN2 dan SDN3, dan semuanya sesuai dengan aturan yang berlaku,” harapnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari awak media, kuota jalur PPDB antara lain terdiri dari jalur zonasi sekitar 65% pada ring 1 sekitar 1 Km, jalur prestasi 15% baik akademik maupun non-akademik, jalur afirmasi 15%, dan jalur perpindahan kerja orang tua 5%.

Selain meninjau proses pendaftaran secara online, Pj Walikota Serang Yedi Rahmat juga menyaksikan proses tes jalur prestasi. Ia bahkan ikut menguji langsung peserta didik baru jalur prestasi non-akademik, yakni Tahfidz Quran dengan meminta mereka membacakan surat Al-Mulk dari Al-Quran.

BACA JUGA :  PT Indah Kiat Luncurkan Program Unggulan Corporate Social Responsibility (CSR)

Ada beberapa tahap dalam tes Tahfidz, yaitu sambung surat, sambung ayat, dan membaca surat Al-Quran pilihan. Dari hasil pantauan awak media, Pj Walikota terlihat berkaca-kaca saat peserta didik tersebut membacakan surat Al-Mulk.

Ia pun mengungkapkan rasa kekagumannya kepada awak media. “Tadi kita saksikan bersama teman-teman, bahwa itu yang disebut jalur prestasi. Dia mempunyai nilai lebih sebagai penghafal Ayat Suci Al-Quran seperti yang kita lihat dan dengar bersama, dan alhamdulillah lancar,” ucapnya dengan penuh kekaguman.

Melalui peninjauan langsung ini, diharapkan pelaksanaan PPDB di seluruh sekolah di Kota Serang dapat berlangsung dengan transparan dan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Pemerintah Kota Serang terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik bagi masyarakat.

Dengan antusiasme yang tinggi dari orang tua dan peserta didik, serta dukungan penuh dari pemerintah, diharapkan PPDB tahun ini dapat menghasilkan calon siswa yang berkualitas dan siap menempuh pendidikan di jenjang berikutnya.

Seluruh proses PPDB yang berjalan lancar ini menunjukkan bahwa sistem pendidikan di Kota Serang semakin baik dan siap menghadapi tantangan di masa depan. Para calon siswa dan orang tua dapat merasa tenang dan percaya diri dalam mengikuti seluruh rangkaian proses PPDB.

Pemerintah Kota Serang juga akan terus memantau dan memastikan bahwa setiap tahapan PPDB dilaksanakan dengan adil dan transparan, sehingga semua pihak mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

(Toni f/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *