Desa Ci Kentrung Cadasari Siap Membangun Jalan Poros Menuju Kemajuan

oleh

Compaskotanews Selasa 9 juli2024_Desa Ci Kentrung, sebuah Desa yang terletak di Kabupaten Pandeglang, kini sedang mempersiapkan diri untuk membangun jalan poros yang vital bagi kemajuan ekonomi dan sosial masyarakatnya. Proyek ini, yang masuk tahap dua pembangunan, direncanakan akan dimulai pada Bulan juli tahun anggaran 204. Jalan poros tersebut diharapkan dapat menjadi tulang punggung konektivitas antar-desa, memfasilitasi mobilitas penduduk, serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

Pembangunan jalan poros ini menjadi salah satu proyek utama yang dikejar oleh Pemerintah Desa Ci Kentrung, sebagai bagian dari upaya meningkatkan infrastruktur dasar di wilayah mereka. Dengan adanya jalan poros yang lebih baik, diharapkan akan meningkatkan aksesibilitas terhadap berbagai layanan publik, seperti kesehatan, pendidikan, dan pasar tradisional, yang sebelumnya sulit dijangkau karena kondisi jalan yang kurang memadai.

Menurut Kepala Desa Ci Kentrung, Bapak Ade Saepul Anwar MPd, pembangunan jalan poros ini sudah lama menjadi kebutuhan mendesak bagi masyarakat setempat. “Kami telah merencanakan proyek ini dengan matang, melalui berbagai konsultasi dengan warga dan pakar teknis. Tahap dua ini diharapkan dapat mengatasi tantangan transportasi yang selama ini dirasakan oleh warga,” ujarnya dengan penuh harap.

Tahap pertama pembangunan jalan poros telah dilaksanakan pada tahun anggaran sebelumnya, dengan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Pandeglang Proses pembangunan tersebut telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat, baik dari segi ekonomi maupun sosial. Di tahap kedua ini, fokus utamanya adalah menyelesaikan sisa jalan yang belum tersentuh, serta memperbaiki beberapa bagian yang memerlukan perhatian lebih lanjut.

Sumber daya manusia lokal juga turut terlibat dalam proyek ini, baik sebagai pekerja konstruksi maupun tenaga teknis lainnya. Hal ini diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi yang lebih luas bagi masyarakat desa, dengan meningkatkan lapangan kerja dan pendapatan keluarga.

BACA JUGA :  Warga RT 41/06 Desa Ranjeng Laksanakan Penyembelihan Hewan Qurban

Selain manfaat ekonomi, pembangunan jalan poros ini juga dianggap krusial dalam meningkatkan aksesibilitas layanan publik yang lebih baik. Banyak warga yang sebelumnya menghadapi kesulitan dalam mengakses fasilitas kesehatan dan pendidikan kini dapat merasakan kemudahan yang lebih besar, berkat akses transportasi yang lebih lancar.

Namun, seperti halnya proyek infrastruktur pada umumnya, pembangunan jalan poros ini juga tidak lepas dari tantangan. Beberapa di antaranya pemeliharaan lingkungan, dan koordinasi antar pihak terkait. Pemerintah Desa Ci Kentrung berkomitmen untuk menangani semua tantangan tersebut dengan cermat dan memastikan bahwa proyek ini berjalan sesuai dengan rencana.

Dalam upaya memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan dana publik, Pemerintah Desa Ci Kentrung juga akan melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala terhadap pelaksanaan proyek. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa setiap dana yang digunakan benar-benar memberikan nilai tambah yang maksimal bagi masyarakat.

Sebagai bagian dari proses pembangunan yang inklusif, partisipasi aktif masyarakat desa dalam pengawasan proyek juga diperkuat. Mereka diharapkan dapat turut serta dalam memastikan bahwa pembangunan jalan poros ini tidak hanya memenuhi standar teknis yang diperlukan, tetapi juga memberikan manfaat yang nyata bagi seluruh komunitas.

Dengan proyek pembangunan jalan poros tahap dua ini, Desa Ci Kentrung menunjukkan komitmen yang kuat untuk melanjutkan perjalanan menuju kemajuan yang berkelanjutan. Di tengah tantangan global dan lokal yang berkelanjutan, investasi dalam infrastruktur dasar seperti jalan poros ini diharapkan dapat menjadi landasan kokoh bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa dalam jangka panjang.(cep red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *