Cilegon Terkaya Nomor 4, Berikut 10 Daftar Kota Terkaya Di Indonesia

oleh
Simbol kota baja Cilegon Banten

JAKARTA,Compas kota news.com – Siapa kota terkaya di Indonesia? Pertanyaan seringkali ditanyakan oleh beberapa masyarakat di Indonesia dan pelajar.

Apakah Mimika di Papua yang menjadi tambang emas terbesar atau Jakarta sebagai pusat ekonomi Indonesia.

Pemkot HSP
Atau mungkin Bekasi atau Cikarang mengingat UMR mereka merupakan yang terbesar di Indonesia.

Lantas siapa saja kota terkaya di Indonesia? Tentunya yang kami sebutkan berdasarkan perhitungan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten dan Kota di Indonesia yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan telah mengikuti standar Sistem Neraca Nasional tahun 2008 yang dipublikasikan oleh PBB.

Melansir dari berbagai sumber. BPS menghitung tingkat kemakmuran suatu kota atau wilayah dengan melihat PDRB-nya.

Cara menghitung PDRB per kapita adalah menjumlah pendapatan dibagi dengan total penduduk masing-masing daerah dalam kurun waktu satu tahun.

Berdasarkan perhitungan PDRB oleh BPS, berikut adalah daftar kota terkaya di Indonesia:

  1. Kediri
    Berada di posisi puncak, Kediri merupakan kota di Jawa Timur. Di sana terdapat PT Gudang Garam Tbk yang telah berdiri sejak tahun 1958 di Kediri. Tidak heran kota ini menjadi kontributor Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar di Indonesia berkat adanya industri tembakau.

Selain itu, industri tembakau juga masuk kategori sektor unggulan dan menjadi alasan mengapa Kediri tercatat sebagai kota terkaya di tanah air.

  1. Bontang
    Kota terkaya di Indonesia selanjutnya adalah Bontang yang menduduki peringkat kedua.

Terletak di provinsi Kalimantan Timur dan menjadi wilayah yang berorientasi pada perdagangan, industri, dan jasa. Jumlah PDRB per kapita kota Bontang mencapai Rp312,14 juta dan menjadikannya kota terkaya setelah Kediri.

  1. Jakarta
    Meski menjadi pusat ekonomi Indonesia, nyatanya Jakarta bukan sebagai posisi puncak kota terkaya di Indonesia. Berdasarkan lampiran data dari BPS, jumlah PDRB per kapita kota Jakarta sebesar Rp260,44 juta.
  2. Cilegon
    Selanjutnya, Cilegon yang terletak di provinsi Banten menempati posisi keempat sebagai kota terkaya di Indonesia. Jumlah PDRB per kapita kota Cilegon mencapai Rp233,02 juta. Industri yang beragam menjadi sumbangsih besar kota ini menjadi salah satu kota terkaya di Indonesia.
  3. Surabaya
    Ibu kota Provinsi Jawa Timur ini menjadi rangking selanjutnya sebagai kota termakmur di Indonesia. BPS mencatatkan PDRB per kapita sejumlah Rp190,89 juta dan menjadikan Surabaya menduduki posisi lima.
  4. Balikpapan
    Selain Bontang, Kalimantan juga diwakili Balikpapan. Berdasarkan data dari BPS, PDRB per kapita Balikpapan mencapai jumlah Rp155,97 juta.
  5. Tarakan
    Masih pada provinsi Kalimantan, peringkat selanjutnya juga ditempati oleh Tarakan. Kota dari Kalimantan Utara ini memiliki jumlah PDRB per kapita yang mencapai angka Rp136 juta.
  6. Dumai
    Berada di provinsi Riau dan terkenal dengan perusahaan-perusahaan besar, seperti: Chevron, Asian Agri, Sinarmas Group, Wilmar Group, hingga kilang minyak Pertamina.
BACA JUGA :  Terungkap oknum Kepala Sekolah SMA Pandeglang Terlibat Korupsi Dalam Kasus Siswa Tidak Mampu.

Menjadikan kota ini sebagai salah satu terkaya di Indonesia dengan PDRB per kapita sebesar Rp115,61 juta.

  1. Makassar
    Dari timur Indonesia, Makassar dikenal sebagai kota terkaya di Indonesia selanjutnya. Kota di provinsi Sulawesi Selatan mencatatkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) dengan jumlah PDRB per kapita kota Makassar menyentuh angka Rp115,39 juta.
  2. Batam
    Terakhir, kota terkaya di Indonesia yang menduduki peringkat sepuluh dipegang oleh kota Batam, yakni kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau dengan PDRB per kapita Rp113,48 juta.

Perekonomian kota Batam didukung dengan adanya berbagai industri, seperti: industri elektronik, furniture, kimia, kulit, logam, dan lain-lain. (tf/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *