Pemerintah Alokasikan Rp 800 Miliar untuk Memperbaiki Jalan Rusak di Lampung

oleh
Foto: Jokowi tinjau lalan rusak di Lampung

Jakarta, CompasKotaNews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan beberapa ruas jalan di Lampung yang sudah bertahun-tahun rusak akan diperbaiki oleh pemerintah pusat. Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tertawa dan bertepuk tangan atas pengumuman tersebut.

Dalam kunjungannya ke Lampung, Jokowi menyampaikan komitmennya untuk memperbaiki jalan yang rusak. Karena jalan yang dikunjunginya sudah lama rusak, Jokowi menyatakan pemerintah pusat akan mengambil alih perbaikannya.

“Semangatnya adalah kami ingin memperbaiki jalan yang rusak parah yang kami lihat sebelumnya, termasuk jalan provinsi dan kota. Masyarakat harus tahu bahwa tanggung jawab jalan nasional ada pada pemerintah pusat, sedangkan jalan provinsi dan kabupaten berada di bawah tanggung jawab pemerintah. kewenangan gubernur dan bupati/walikota,” kata Jokowi usai meninjau jalan rusak di Lampung, seperti dilihat dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (6/5/2023).

“Namun, karena sudah lama terbengkalai, pemerintah pusat akan mengambil alih,” imbuhnya.

Warga sekitar bersorak mendengar pengumuman tersebut, dan Arinal yang juga hadir tertawa dan bertepuk tangan.

Jokowi kemudian mengumumkan bahwa pemerintah pusat akan mengalokasikan Rp 800 miliar untuk perbaikan 15 ruas jalan di Lampung.

“Tahun ini pemerintah pusat mengalokasikan kurang lebih Rp 800 miliar khusus Lampung untuk memperbaiki 15 ruas jalan, termasuk yang satu ini,” katanya.

Warga mengucapkan terima kasih, Arinal pun ikut tertawa dan mengucapkan terima kasih.

“Alhamdulillah,” kata Arinal.

Lebih lanjut, Jokowi menyatakan perbaikan akan dimulai pada Juni. Dia mendesak Arinal dan timnya untuk segera bertanggung jawab memperbaiki jalan rusak lainnya.

“Perbaikan akan dimulai pada bulan Juni, setelah proses lelang. Berdasarkan apa yang saya lihat tadi, saya telah menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum untuk memulai proses lelang. Namun, ada juga beberapa ruas jalan yang menjadi tanggung jawab gubernur. , bupati, atau walikota. Itu bukan sepenuhnya tanggung jawab pemerintah pusat,” imbuhnya.

BACA JUGA :  5 Pejabat Struktural Di BPN Banten Dilantik Ini Nama-Namanya

Jumat (5/5), Jokowi meninjau kondisi jalan di Lampung. Ruas jalan pertama yang ia kunjungi adalah Jalan Terusan Ryacudu di Kabupaten Lampung Selatan.

Jalan Terusan Ryacudu tampak tidak beraspal dan memiliki banyak lubang di kedua sisinya. Beberapa lubang bahkan terisi air berwarna coklat.

Mobil sedan yang ditumpangi Jokowi zigzag melewati jalan bergelombang. Mobil berbelok ke kiri dan ke kanan untuk menghindari lubang.(Red/CKN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *