Awalnya Gagal jadi Pj Bupati Lebak, Akhirnya Yedi Rahmat Resmi Ditunjuk Jadi Pj Wali Kota Serang

oleh

Pejabat dari Kemendagri dikabarkan kembali menjabat Pj Kepala daerah di Banten. Setelah Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Lebak, Yedi Rahmat Asisten Deputi Infrastruktur Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Kemendagri mencuat jadi Pj Wali Kota Serang yang akan dilantik Selasa, 5 Desember 2023.

Serang Kota || Compaskotanews.com — Pelantikan Penjabat (Pj) Wali Kota Serang akan berlangsung di Pendopo Gubernur Banten pada Selasa, 5 Desember 2023. Pj Wali Kota ini akan menggantikan Syafrudin yang habis masa jabatannya, sesuai dengan konsekuensi dari Pilakada Serentak 2024.

Pengisian jabatan Pj Wali Kota Serang mengacu pada Pasal 201 ayat (9) UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 1 Tahun 2015 atau UU Pilkada. Menurut pasal tersebut, penjabat kepala daerah, dalam hal ini Pj Wali Kota Serang, akan menjabat hingga terpilihnya kepala daerah melalui Pilkada Serentak 2024.

Kehabisan masa jabatan Wali Kota Serang Syafrudin pada 5 Desember 2023 menciptakan kekosongan posisi kepala daerah, dan Pj Wali Kota Serang dipilih untuk mengisi kekosongan tersebut. Sebagai informasi, Syafrudin bersama dengan Subadri Ushuludin memenangkan Pilakada Kota Serang 2018, namun Subadri Ushuludin mundur dari jabatan Wakil Wali Kota Serang.

Pemilihan Pj Wali Kota Serang melibatkan tiga nama, yaitu Sekda Kota Serang Nanang Saefudin, Sekretaris DPRD Kota Serang Ahmad Nuri, dan Sekretaris DPRD Provinsi Banten Deden Apriandi. Keputusan mengenai siapa yang akan dilantik sebagai Pj Wali Kota Serang telah diterima oleh Pj Gubernur Banten Al Muktabar dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pada akhir pekan lalu.

Pejabat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kembali mencuat sebagai Pejabat Pemerintah Jadi (Pj) Kepala Daerah di Banten. Setelah sebelumnya menjabat di Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Lebak, Yedi Rahmat, Asisten Deputi Infrastruktur Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Kemendagri, akan dilantik sebagai Pj Wali Kota Serang pada Selasa, 5 Desember 2023.

BACA JUGA :  Anggota Polsek Cipocok Jaya Polresta Kota Serang, Gelar Oprasi Dialogis Kamtibmas di Tempat - Tempat Keramaian

Meskipun ada usulan dari DPRD Kota Serang yang sempat menguatkan satu nama, informasi terbaru menegaskan bahwa satu nama dari pejabat Kemendagri, Yedi Rahmat, menjadi pilihan yang mengerucut.

Sebelumnya, Yedi Rahmat telah masuk sebagai salah satu nama calon Pj Bupati Lebak menurut usulan dari DPRD Kabupaten Lebak.

Pelantikan Yedi Rahmat sebagai Pj Wali Kota Serang menjadikannya Pj Kepala Daerah ketiga di Banten yang berasal dari Kemendagri, setelah Andi Ony di Kabupaten Tangerang dan Iwan Kurniawan di Kabupaten Lebak.

Yedi Rahmat, yang merupakan Asisten Deputi Infrastruktur Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Kemendagri, sebelumnya juga menjadi calon Pj Bupati Lebak bersama dua pejabat dari Pemprov Banten, Gunawan Rusminto dan Septo Kalnadi.

Gunawan Rusminto, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Banten, mengkonfirmasi bahwa pelantikan Pj Wali Kota Serang akan berlangsung di Pendopo Gubernur Banten pada Selasa, 5 Desember 2023, jam 14.00.

Pelantikan ini diharapkan akan dihadiri oleh pejabat Pemkot Serang dan DPRD Kota Serang sebagai bagian dari proses pemerintahan dan otonomi daerah di Banten.

(Tf/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *