Pj Wali Kotà serang, Yedi Rahmat Tinjau Pembangunan SPAM di Cibendung Targetkan 26 Ribu Sambungan Rumah di Prioritaskan untuk Kec. Cipocok jaya dan Kec. Kasemen

oleh

Pj Wali Kota Serang, Yedi Rahmat beserta jajaran nya tinjau Pembngunan SPAM di Kelurahan Cibendung di dampingi Derektur Perumdam Tirta Madani Arif Setiawan.

Serang Kota, 04 Januari 2024 || Compaskotanews.com — Pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) di Kelurahan Bendung, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, telah mencapai 44% dan menargetkan 26 ribu sambungan rumah dalam lima tahun ke depan.

Direktur Perumdam Tirta Madani, Arif Setiawan, mengungkapkan bahwa meskipun target capaian masih di bawah 4% dari jumlah penduduk sekitar 700 jiwa, pengembangan ini diharapkan dapat mendongkrak pencapaian target sambungan rumah. Pihaknya berencana mencapai 26 ribu sambungan air bersih dengan mengambil dari beberapa sumber air di Kota Serang.

Arif Setiawan menjelaskan bahwa dalam jangka waktu lima tahun ke depan, mereka berharap mencapai 26 ribu sambungan air bersih. Namun, ia juga menyoroti keterbatasan sumber air baku di Kota Serang, dan jika Waduk Karian dan Sindangheula tidak dapat mensuplai, pertumbuhan Kota Serang akan kesulitan. Selain itu, ia menyatakan bahwa sumber air baku di kota tersebut masih terbatas, dan setelah selesai pembangunan jaringan distribusi utama (JDU) dan sambungan rumah (SR), Pemkot Serang akan memprioritaskan air bersih di Kecamatan Kasemen dan Kecamatan Cipocok Jaya.

PPK Air Minum Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Banten, David Parlindungan Manurung, mengungkapkan bahwa berdasarkan data, saat ini dibutuhkan 2.000 hingga 4.000 sambungan rumah. Instalasi pengolahan air bersih dengan kapasitas 20L/detik dan progres pembangunan fisiknya sudah mencapai 44%. Manurung menambahkan bahwa air baku masih diambil dari Sungai Ciwaka, dan target pertama pemasangan jaringan adalah ke RSUD Kota Serang dan sekitarnya.

Dengan progres pembangunan yang menggembirakan, pembangunan SPAM di Kota Serang menarik perhatian karena potensinya untuk meningkatkan akses air bersih bagi masyarakat dan mendukung pertumbuhan kota.

BACA JUGA :  Bilamana Ada Tiang Listrik Berdiri di Lahan Milik Pribadi Bisa di Ajukan Minta Ganti Rugi

(Tf/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *