Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, Menghimbau Kepada Kaum Kristiani Sembahyang Harus Digereja Yang Resmi

oleh
Menjelang hari natal umat kristiani di lenbak patuhi himbauan Bupati nya

LEBAK,Compas kota news.com – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya meminta umat Kristiani yang tinggal di Kecamatan Maja untuk beribadah Natal di Rangkasbitung.

Permintaan tersebut terjadi karena tidak terbitnya izin untuk ibadah Natal selain di gereja.

Hal tersebut disampaikan Iti saat rapat koordinasi persiapan Natal dan Tahun Baru di Aula Multatuli, di Rangkasbitung

Saat itu Iti menanggapi Camat Maja yang menyampaikan informasi ada pemberitahuan izin dari dua komunitas umat kristiani di Maja.

Zelensky Minta Rusia Mundur Saat Natal
Dalam pemberitahuan tersebut mereka hendak melakukan ibadah Natal pada tanggal 18 dan 25 Desember di Eco Club Citra Maja Raya.

“Kesepakatan rapat Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), kita tidak menghalangi ibadah, tapi di rumah ibadah sesuai peruntukkannya. Ruko, tempat pemukiman, kami mohon maaf gak diizinkan, sesuai dengan hasil musyawarah FKUB,” kata Iti, Rabu.

Iti mengatakan, untuk warga Maja yang hendak melakukan ibadah Natal, bisa datang ke gereja-gereja lain di wilayah Kabupaten Lebak. Paling dekat dari Maja ada di Rangkasbitung.

“Di Rangkasbitung ada Natal bersama 27 Desember, gabungan umat Nasrani dan saya akan datang,” kata Iti.

Sementara Camat Maja, Edi Nurhedi, saat dikonfirmasi ulang membenarkan ada dua pemberitahuan untuk menggelar ibadah Natal di Eco Club Citra Maja Raya pada 18 dan 25 Desember.

“Saya minta arahan ke Bupati, akhirnya Bupati beri arahan demikian, hendaknya perayaan Natal di tempat resmi seperti di gereja.

Edi mengatakan, saat ini tidak ada gereja di Kecamatan Maja, sehingga umat Nasrani berencana akan menggelar ibadah Natal di Eco Club.

Menurut Edi, Umat Kristiani di Maja biasanya menggelar ibadah mingguan di rumah warga.

BACA JUGA :  Ribuan Satpol PP Ancam Bergerak ke Jakarta Jika Pemerintah Tak Segera Angkat Status Kepegawaian

Edi belum bisa merinci berapa banyak umat Kristiani di Maja. Namun saat ini total ada 2500 rumah yang telah dihuni di Perumahan Citra Maja Raya.

“Cuma kita enggak tahu yang muslim berapa yang bukan berapa,” kata Edi.

Baca juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Bupati Manggarai Barat Ajak Wisatawan Berlibur ke Labuan Bajo

Saat ini, ada dua komunitas umat Kristiani yang menyampaikan pemberitahuan rencana ibadah Natal di Maja.

Seusai arah Bupati Lebak, Edi mengatakan, akan menyampaikan jika umat Kristiani di Maja tidak diperbolehkan menggelar ibadah Natal di Eco Club Citra Maja Raya dan menyarankan untuk ke Rangkasbitung.

“Diarahkan demikian (ke Rangkaasbitung) kalau di Rangkasbitung ada ibadah Natal bersama tanggal 27 Desember. Nanti dibantu oleh Persekuatuan Gereja di Rangkasbitung seperti Gereja Pasundan. Akan dikomunikasikan baik oleh saya maupun Persekutuan,” Pungkas dia.(tf/ckn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *