Ribuan Pekerja dari Dua Perusahaan Di Serang Timur Akan Terkena PHK Besar Besaran, Pabrik Apa Saja?

oleh
Salah satu pabrik besar di serang timur yang akan kena dampak PHK besar besaran

SERANG TIMUR, COMPAS KOTA NEWS.COM — Selain Nikomas, dua perusahaan di Kabupaten Serang juga melakukan pemangkasan karyawan.

Bedanya, dua perusahaan ini melakukan pemangkasan karyawan dengan cara PHK.

Dua perusahaan tersebut adalah PA Rubber Indonesia Jaya di Kawasan Modern Cikande, Kecamatan Cikande, dan PT Power Block Indonesia di Kecamatan Jawilan.

Pekerja PT Power Block Indonesia Selasa 11 Januari 2023 sempat berunjuk rasa menuntut pesangon dari perusahaan.

Pemangkasan tiga perusahaan ini menambah daftar pemutusan hubungan kerja yang terjadi di Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial dan Jamsostek Disnakertrans Kabupaten Serang Iwan Setiawan mengatakan, jumlah karyawan yang diPHK oleh PA Rubber Indonesia Jaya dan PT Power Block Indonesia mencapai ratusan orang.

“Ada dua perusahaan di Cikande dan Jawilan yang sudah PHK ratusan karyawan,” kata Iwan saat ditemui Radar Banten di ruang kerjanya, Rabu 11 Januari 2023.

Dijelaskan Iwan, PA Ruber Indonesia Jaya melakukan PHK massal sebanyak 500-an karyawan karena kekurangan bahan baku, perusahaan yang memproduksi sol sepatu itu melakukan PHK di Minggu pertama Januari 2023.

Kemudian disusul PT Power Block Indonesia yang mem-PHK 380 karyawan karena kekurangan bahan baku dan penjualan produk tengah mengalami penurunan.

“Hal ini masih disebabkan oleh dampak perang Rusia-Ukraina, Krisis mulai berlangsung pelan-pelan tapi kerasa,” ungkapnya.

Iwan mengaku, ia belum bisa memastikan berapa jumlah pasti perusahaan yang melakukan PHK. Namun ia mengungkapkan, ada banyak perusahaan yang sudah dan akan melakukan PHK.

Iwan mengaku, ia belum bisa memastikan berapa jumlah pasti perusahaan yang melakukan PHK. Namun ia mengungkapkan, ada banyak perusahaan yang sudah dan akan melakukan PHK.

BACA JUGA :  Derektur Jendral Bina Pemdes Tinjauan Mendalam: Muatan Baru UU Desa 2024 dan Tantangan bagi Pemerintah Daerah

“Saya enggak mau kasih tahu semuanya dulu soalnya perlu memastikan data realnya, tapi memang banyak perusahaan yang melakukan PHK,” kata dia.
(tf/ckn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *