Dimyati Natakusumah Dukung Wacana Pemekaran Dearah Otonomi Baru (DOB) Prov Banten Untuk Lebak dan Pandeglang Segera di Realisasikan

oleh

Anggota Komisi III DPR RI Raden Achmad Dimyati Natakusumah pada kesempatan itu mengusulkan agar rencana DOB di wilayah selatan Banten bisa dipercepat.

Pandeglang || Compaskotanews.com — Wacana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Kabupaten Lebak dan Pandeglang kembali menjadi sorotan, dengan anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PKS, Dr. H. Dimyati Natakusumah, mendorong percepatannya. Ini terungkap dalam sebuah acara Focus Group Discussion (FGD) yang bertemakan Penyesuaian Dasar Hukum Pembentukan Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak, yang diselenggarakan di Aula Pendopo Bupati Pandeglang pada Jumat (15/9/2023).

Dimyati Natakusumah, yang juga adalah pimpinan Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI dari Dapil 1 Banten, mengusulkan percepatan rencana DOB di wilayah selatan Banten. Dia percaya bahwa pemekaran wilayah ini dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat.

Menurutnya, pemekaran wilayah tersebut akan membantu mengoptimalkan potensi daerah yang selama ini belum sepenuhnya tergarap karena luasnya wilayah Pandeglang dan Lebak. Dimyati Natakusumah bahkan menyebutkan bahwa Labuan memiliki potensi untuk menjadi kota yang besar, hampir sebanding dengan Malingping.

Namun, dia juga menyoroti bahwa otonomi daerah yang diinginkan oleh Pemerintah Pusat belum sepenuhnya tercapai, karena beberapa kebijakan masih memerlukan rekomendasi dan persetujuan dari Pemerintah RI.

Dalam FGD yang sama, anggota DPRD Kabupaten Lebak, Yayan Ridwan, juga mendukung pemekaran wilayah ini untuk meningkatkan pelayanan dasar kepada masyarakat. Dia mencatat bahwa pelayanan publik di wilayah Cilograng Kabupaten Lebak masih belum optimal, dan pemekaran wilayah bisa membantu memperbaiki situasi ini.

Selain itu, Wakil Ketua Komisi III DPRD Pandeglang, Iing Andri Supriadi, menekankan perlunya pemantapan dan pematangan dalam proses penyusunan Rancangan Undang-Undang (RUU) terkait pemekaran ini. Dia juga menyoroti pentingnya optimalisasi Sumber Daya Manusia (SDM) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang, Ali Fahmi Sumanta, menambahkan bahwa Kabupaten Pandeglang memiliki banyak potensi yang dapat dikelola dengan baik, terutama jika pemekaran wilayah terjadi. Ini dapat berdampak positif pada aspek anggaran dan memberikan manfaat bagi banyak masyarakat, termasuk sektor pertanian, perkebunan, perikanan, pantai, dan lainnya.

BACA JUGA :  Pawai Damai, Paguron Jalak Banten Nusantara Mensukseskan Pemilu Aman dan LUBER

(Tf/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *