DPD LPM Prov Banten Jadi Percontohan Study Tiru Berorgansasi Oleh Provinsi Lain di Indonesia

oleh

Ketua DPD Prov Banten Abdul Rohman Odeh di dampingi seluruh jajaran anggota dan berfoto bersama dengan tim Study banding dari Balik papan Kalimantan Timur.

SERANG BANTEN || Compaskotanews.com — Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM) Provinsi Banten kembali menjadi contoh bagi DPD LPM dari daerah lain untuk ketiga kalinya. Kali ini, pengurus DPD LPM Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, melakukan Studi Tiru tentang pengelolaan organisasi DPD LPM Banten, pemberdayaan lingkungan, dan kemitraan LPM dengan pemerintah.

Plt Ketua DPD LPM Provinsi Banten, H. Abdulrahim Odeh, menyambut kedatangan pengurus LPM daerah lain dengan gembira. “Ini yang ketiga kalinya Banten dikunjungi pengurus LPM daerah lain. Dulu yang pertama, kita dikunjungi pengurus LPM Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, kemudian LPM Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, dan ini yang ketiga kalinya,” ujarnya usai menerima peserta Studi Tiru di aula Bapeda Banten, di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Kota Serang, Kamis (02/10).

Odeh berharap para pengurus LPM Provinsi Banten juga bisa melakukan kunjungan balasan ke LPM Kota Balikpapan. “Mudah-mudahan, nanti kami bisa berkunjung ke sana, melihat kemitraan LPM dengan pemerintah dalam mendukung kehadiran IKN di sana,” ujarnya.

LPM Provinsi Banten sebelumnya pernah melakukan kunjungan ke LPM Bali, belajar dari kesuksesan Bali dalam membangun kemitraan dengan pemerintah dan swasta, serta bagaimana LPM di sana telah berhasil membangun gedung sendiri melalui swadaya.

Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Banten, Usman Asshiddiqi Qohara, mengakui pentingnya kemitraan LPM Banten dengan pemerintah dalam mendukung berbagai program. Dia berharap hubungan baik ini dapat terus dijaga untuk menciptakan sinergi yang baik antara LPM dan pemerintah setempat.

BACA JUGA :  Pemprov Banten Fokus Wujudkan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Balikpapan, drg Wulansari, mengucapkan terima kasih atas sambutan baik dari Pemerintah Provinsi Banten dan LPM Banten terhadap kedatangan mereka. Dia berharap nantinya juga bisa menjalin hubungan lebih dekat.

Ketua DPD LPM Kota Balikpapan, Damanhuri, menjelaskan bahwa para peserta Studi Tiru berjumlah 45 orang, berasal dari LPM Kota, LPM Kecamatan, dan LPM Kelurahan, didampingi Sekdis DP3AKB Kota Balikpapan. Mereka datang ke Provinsi Banten untuk mempelajari sinergisitas antara LPM dan pemerintah.

Setelah berdialog dengan Pemprov dan LPM Banten, jajaran LPM Banten mendampingi tim rombongan LPM Kota Balikpapan menuju Kota Tangerang. Di sana, mereka mendengarkan tentang bagaimana LPM Kota Tangerang bermitra dengan pemerintah dalam mengelola Situ Gede yang tadinya terlantar, menjadi diberdayakan dan membina UMKM.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Ketua DPD LPM Banten, Abdulrahim Odeh, menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Kota Tangerang atas fasilitas yang diberikan untuk kegiatan Studi Tiru ini.

Odeh juga menjelaskan bahwa selama menjadi Plt. Ketua DPD LPM Banten, ia telah menjalankan tugas sesuai mandat DPP LPM RI. Ini melibatkan membenahi organisasi LPM dan membangun kemitraan dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta di wilayah Provinsi Banten. Semua ini sebagai bentuk kemitraan yang telah berhasil dibangun dan berjalan dengan baik.

[ Tf/red ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *