Sekda Kota Serang Nanang Saepudin Adalah Panglima ASN dan Harusnya Peka Terhadap Kinerja Bawahan nya di Pemerintahan Kota Serang

oleh

Foto Gedung puspemkot Kota Serang berdiri tegak dan tempat kumpulnya para pejabat Kota Serang.

Serang Kota || Compaskotanews.com — Penggiat Kota Serang dari Compas Kota Publikasi, Toni Firdaus, bersama Wartawan Media Online Compaskotanews.com, telah mengungkapkan sorotan terhadap kinerja aparat sipil negara (ASN) di Kota Serang. Mereka menyoroti berbagai keanehan yang menimbulkan pertanyaan tentang efektivitas kerja di daerah tersebut.

Salah satu permasalahan yang diungkapkan adalah sikap arogansi beberapa Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dan Kepala Dinas di Kota Serang. Toni Firdaus menekankan bahwa masih banyak Kepala Dinas dan Sekretaris Dinas yang tidak memiliki keterhubungan, bahkan terjadi sepelekan dalam menjalankan tugasnya. Fenomena ini menciptakan dualitas di dalam kedinasan, dengan adanya kubu Kadis dan kubu Sekdis.

Kondisi ini menjadi keprihatinan serius terutama terkait dengan laju pembangunan dan pengelolaan sumber daya manusia (SDM). Toni Firdaus menyampaikan bahwa peran Sekdis dalam tatakelola kedinasan masih jarang diaktifkan oleh Kadis, bahkan munculnya dua kubu di satu dinas semakin memperumit situasi.

Dalam pengamatannya, Toni Firdaus mendapati bahwa tidak hanya di tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD), namun juga di tingkat Kecamatan masih terdapat perilaku semena-mena dari sejumlah Camat terhadap Sekmat. Bahkan, ketidakharmonisan antara Camat dan Sekmat dapat mempengaruhi kelancaran program pembangunan di Kota Serang. Toni Firdaus menekankan perlunya kerjasama dan kohesivitas di internal Kecamatan untuk mencapai kemajuan.

Toni Firdaus juga mengungkapkan bahwa masukan dari pegawai daerah menyoroti ketidakproporsionalan dalam penempatan kewenangan antara Kadis dan Sekdis. Tanpa keselarasan antara keduanya, hasil kinerja dianggap sulit untuk diukur sebagai kesuksesan. Implikasinya, hubungan antar-anak buah di dalam satu dinas menjadi tidak akur.

Dalam penutup, Toni Firdaus menyoroti kapasitas Sekda sebagai panglima ASN di Kota Serang. Ia menekankan perlunya responsibilitas terhadap permasalahan internal di instansi pemerintahan. Toni Firdaus menyatakan bahwa dalam mencapai kemajuan pemerintahan yang handal, harmoni dan kesatuan di antara pejabat pemerintahan sangat penting.

(Toni f/red)

BACA JUGA :  Pemkot Serang Menyelenggarakan Kegiatan Forum Konsultasi Publik RKPD Kota Serang 2025

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *