Jelang Pemilu 2024, Pemprov Banten Maksimalkan Jaringan Internet di Zona Blank Spot

oleh

Serang Kota || Compaskotanews.com — Menyambut Pemilu 2024 yang semakin dekat, Pemerintah Provinsi Banten (Pemprov Banten) berencana memperkuat jaringan internet di sejumlah zona blank spot strategis.

Al Muktabar, Penjabat (Pj) Gubernur Banten, mengungkapkan rencana ini dalam Rapat Koordinasi (Rakor) dengan jajaran Forkopimda dan Penyelenggara Pemilu. Pertemuan ini berlangsung di Sekretariat Desk Pemilu, Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kota Serang, pada Rabu, 24 Januari 2024.

Menurut Al Muktabar, penguatan jaringan internet menjadi krusial mengingat pelaksanaan Pemilu saat ini mengandalkan teknologi informasi, terutama pada tahap perekapan melalui aplikasi e-rekap.

“Kami akan melakukan tambahan penguatan sinyal. Rinciannya akan disiapkan bersama para pemangku kepentingan,” ujarnya.

Pemprov Banten juga telah menyiapkan langkah-langkah mitigasi untuk menghadapi keadaan darurat, seperti banjir atau bencana tak terduga. Ini mencakup pemetaan daerah rawan bencana dan relokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Rakor tersebut juga membahas pendistribusian logistik Pemilu 2024. KPU Provinsi Banten telah merancang mekanisme distribusi logistik, termasuk ke pulau-pulau atau lokasi tertentu. Kerjasama antara pemangku kepentingan dan instansi pemerintah sangat diperlukan secara teknis.

“Distribusi logistik di pulau-pulau atau titik-titik tertentu membutuhkan dukungan bersama dan koordinasi, khususnya dengan TNI dan Polri,” tambah Al Muktabar.

Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban selama Pemilu 2024, serta memastikan kesiapan penegakan hukum, Al Muktabar telah berkoordinasi intensif dengan Polda Banten dan Kejaksaan Tinggi Banten.

“Polisi telah menyatakan kesiapannya terkait keamanan. Kajati juga telah memaparkan kesiapsiagaannya untuk penegakan hukum, termasuk keterlibatan Kejaksaan sebagai pengacara negara,” ungkapnya.

“Secara keseluruhan, Pemprov Banten bersama KPU, Bawaslu, dan Forkopimda telah siap. Semuanya sesuai dengan proses dan tahapannya, dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing, sehingga Pemilu 2024 di Banten dapat berjalan sukses,” tutup Al Muktabar.

BACA JUGA :  Wali kota Serang, Syafrudin Tuntaskan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kota Serang Agar Cepat di Bagun

(Tf/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *