Pj Gubernur Banten Hadiri Sekaligus Pimpin Upacara Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke 74 di Lapangan Kantor Kemenkumham Prov. Banten

oleh

Serang Kota || Compaskotanews.com — Pj Gubernur Banten Al Muktabar memimpin dengan penuh semangat Upacara Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-74 di lapangan Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Banten.

Upacara berlangsung di Kota Serang, Jumat (26/01/2024), dihadiri oleh berbagai pejabat dan tokoh penting, termasuk Ketua DPRD Provinsi Banten Andra Soni, Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Didik Farkhan Alisyahdi, dan anggota Forkopimda.

Pada acara tersebut, Pj Gubernur Al Muktabar membacakan sambutan Menkumham Yasonna H. Laoly, memperingati 74 tahun perjalanan Direktorat Jenderal Imigrasi yang telah menghadapi tantangan dan mencapai pencapaian gemilang.

Direktorat Jenderal Imigrasi mencatat capaian luar biasa dengan realisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mencapai 320% pada tahun 2023, menyumbang sebesar Rp7,6 triliun hingga Desember 2023.

Al Muktabar menekankan pentingnya menjaga momentum positif ini untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat dan sebagai garda terdepan dalam menjaga pintu gerbang NKRI.

Dalam arahannya, Pj Gubernur juga menyampaikan peran strategis imigrasi dalam penambahan pendapatan daerah dan percepatan investasi di Provinsi Banten.

Imigrasi diharapkan menjadi etalase penghubung antar negara dan daerah, dengan kewenangan atas pajak warga asing yang dapat mendukung pembiayaan pembangunan.

Dodot Adikoeswanto, Kepala Kanwil Kemenkumham Banten, mengungkapkan bahwa seluruh jajaran Kanwil telah mengadopsi digitalisasi, memasuki mal-mal pelayanan publik, memberikan pelayanan terbaik termasuk pengawasan terhadap WNA menjelang Pemilu 2024.

Tema acara, “Transformasi Peran Keimigrasian Melalui Strategi Digitalisasi,” menyoroti upaya keimigrasian dalam menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi.

Setelah upacara, Al Muktabar dan Dodot Adikoeswanto bersama-sama memotong tumpeng sebagai simbol rasa syukur atas perjalanan yang telah dijalani oleh Direktorat Jenderal Imigrasi.

Berita ini mencerminkan komitmen dan prestasi dalam memperkuat sektor keimigrasian serta menggambarkan peran strategisnya dalam mendukung pembangunan dan keamanan nasional.

BACA JUGA :  Diduga Gelapkan Dana Bantuan Siswa Miskin, Seorang Kepala Sekolah SMA di Pandeglang Diamankan Polisi

(Tf/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *