Bank Indonesia Menyiapkan Penukaran Uang Sebesar Rp4,5 Triliun khusus untuk Wilayah Banten

oleh
Bank Indonesia Menyiapkan Penukaran Uang Sebesar Rp4,5 Triliun khusus untuk Wilayah Banten
Fauzih Amro (Anggota Komisi XI DPR)

CompasKotaNews.com – Anggota Komisi XI DPR RI, Fauzi Amro, telah mengungkapkan bahwa Bank Indonesia (BI) bersiap untuk melakukan penukaran uang baru senilai Rp4,57 Triliun dalam rangka mempersiapkan Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN), khususnya hari raya Idulfitri di wilayah Banten dan sekitarnya.

Fauzi Amro menyatakan, setelah melakukan Kunspek di Kota Tangerang, Banten, bahwa BI pada tahun ini secara nasional telah menyiapkan penukaran uang baru senilai Rp195 triliun. Adapun untuk wilayah provinsi Banten, BI akan mengalokasikan uang baru sebesar Rp4,57 triliun yang akan didistribusikan ke seluruh kabupaten dan kecamatan di Banten.

Politisi dari Fraksi Partai Nasdem ini juga berharap agar BI dapat meningkatkan pelayanan penukaran uang baru menjelang lebaran. Selain itu, ia menekankan perlunya peningkatan jumlah lokasi penukaran untuk menghindari antrean panjang seperti tahun sebelumnya. Fauzi Amro menyarankan agar BI bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dan bank-bank setempat untuk menyiapkan lebih banyak outlet penukaran uang baru yang representatif.

Di sisi lain, Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Banten, Ameriza Ma’ruf Moesa, menjelaskan bahwa untuk HKBN Idul Fitri 2024, telah disiapkan uang kartal sebesar 4,57 Triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Banten. Ini merupakan peningkatan sebesar 21 persen dibandingkan dengan realisasi tahun sebelumnya.

Ameriza juga menegaskan bahwa BI telah mulai mendistribusikan uang sebelum bulan Ramadan dengan melakukan kegiatan kas keliling bersama perbankan di beberapa titik lokasi strategis seperti Alun-alun Kota Serang, Alun-alun Cilegon, Pandeglang, Rangkasbitung, Panimbang, Cibaliung, Tangerang City, Rest Area km 43, dan Pelabuhan Merak. Masyarakat juga diimbau untuk menukarkan uangnya di tempat resmi guna memastikan keaslian dan kualitas uang rupiah yang mereka terima. (Red/CKN)

BACA JUGA :  Mari Berkunjung Bersama Keluarga: Ada Pantai Kodok Tempat Wisata Terbaru Dipantai Carita Pandeglang Banten

#Penukaran uang baru Bank Indonesia #Persiapan Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) #Fauzi Amro, anggota Komisi XI DPR RI #Uang pecahan baru untuk Idul Fitri #Persiapan penukaran uang di wilayah Banten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *