Para Pemimpin Dunia Berduka Atas Kecelakaan Maut Presiden Iran, Apa Dampaknya Terhadap Ekonomi Dunia

oleh
Para Pemimpin Dunia Berduka Atas Kecelakaan Maut Presiden Iran
Para Pemimpin Dunia Berduka Atas Kecelakaan Maut Presiden Iran

CompasKotaNews.com – Para pemimpin dunia menyampaikan belasungkawa atas kecelakaan tragis yang menewaskan Presiden Iran, Ebrahim Raisi, beserta sejumlah pejabatnya. Kecelakaan helikopter tersebut terjadi di pegunungan dekat perbatasan Azerbaijan dan Iran, Minggu (19/5/2024) sore waktu setempat. Raisi dan rombongan dikonfirmasi tewas dalam kecelakaan tersebut.

Presiden Joko Widodo menyampaikan duka cita melalui akun media sosialnya, menyatakan kesedihannya atas kepergian Raisi. Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, juga turut berduka, mengenang kenangan bersama Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian, dalam foto yang ia unggah. PM Malaysia Anwar Ibrahim, Presiden Suriah Bashar al-Assad, PM India Narendra Modi, Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi, dan PM Irak Mohammed Shia Al Sudani, juga menyampaikan ungkapan duka cita mereka.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut kepergian Raisi sebagai kehilangan yang besar, mengingat Iran adalah sekutu politik penting bagi Rusia.Sementara itu, Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, mengumumkan lima hari berkabung publik untuk mengenang Raisi dan menginstruksikan Wakil Presiden Mohammad Mokhber untuk menjalankan tugas sebagai presiden sementara.

Menariknya, helikopter yang mengalami kecelakaan itu ternyata adalah Bell 212, produksi Amerika Serikat. Hal ini menyoroti ironi dalam hubungan geopolitik, di mana Amerika Serikat, sebagai produsen helikopter tersebut, dan Iran, sebagai pemakainya, memiliki hubungan yang tegang. (Red)

Floating Ad with AdSense
X

BACA JUGA :  Kejari Lakukan Penggeledahan di Kantor Dinas Lingkungam Hidup (DLH) Cilegon Terkait Dugaan Korupsi Retribusi Sampah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *