Warga Kampung Ci Pacung Desa Sida Mukti mengadakan Kegiatan Gotong royong Persiapan LKBA

oleh

Compaskotanews 16 Juni 2024 _SerangDesa Sida Mukti, Kecamatan Baros, tengah bersiap menghadapi Lomba Kebersihan Antar Desa (LKBA) yang akan digelar dalam waktu dekat. Gotong royong menjadi kegiatan utama yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat desa untuk memastikan Desa Sida Mukti tampil maksimal dalam kompetisi tersebut.

Sejak pagi buta, warga Desa Sida Mukti sudah berkumpul di Kampung ci Pacung Desa Sida Mukti. Dipimpin langsung oleh Kepala Desa, Pak Juhri untuk melaksanakan kegiatan gotong royong dimulai dengan pengarahan singkat mengenai area-area yang perlu dibersihkan dan dipercantik. Semangat kebersamaan tampak jelas di wajah setiap warga yang hadir.

Berbagai kegiatan dilakukan dalam gotong royong tersebut. Warga membersihkan jalan Lingkungan desa, menata taman-taman, mengecat ulang pagar, dan memperbaiki fasilitas umum. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun turut membantu dengan semangat, menunjukkan antusiasme mereka terhadap lomba kebersihan ini.

“Sida Mukti harus bisa menjadi yang terbaik dalam LKBA tahun ini,” ujar Pak Juhri. “Kebersihan adalah cerminan dari kepribadian kita sebagai warga desa. Dengan lingkungan yang bersih dan rapi, kita menunjukkan bahwa kita peduli dan bangga terhadap desa kita.”

Untuk mendukung kelancaran kegiatan, beberapa warga membawa peralatan kebersihan dari rumah masing-masing. Ada yang membawa sapu, cangkul, cat, kuas, hingga tanaman hias. Semua saling bekerja sama, tanpa ada sekat antara satu dengan yang lain.

Selain kegiatan fisik, ibu-ibu PKK juga berperan dalam menyediakan konsumsi bagi para peserta gotong royong. Berbagai makanan ringan dan minuman segar disiapkan untuk menjaga stamina para pekerja. Suasana penuh keakraban dan kebersamaan terasa di setiap sudut desa.

Keterlibatan seluruh elemen masyarakat Desa Sida Mukti menjadi kunci suksesnya gotong royong ini. Dari perangkat desa, pemuda, hingga lansia, semua bergotong royong dengan tujuan yang sama: menjadikan desa mereka juara di LKBA. “Ini bukan sekadar lomba, ini adalah ajang untuk mempererat tali persaudaraan di antara kita,” kata Pak Juhri.

Sebagai bagian dari persiapan lomba, desa juga mengadakan program penghijauan. Warga menanam berbagai jenis pohon dan tanaman hias di sepanjang jalan desa. Selain memperindah pemandangan, langkah ini juga diharapkan dapat menjaga kualitas udara dan lingkungan hidup di desa.

BACA JUGA :  Lowongan Kerja Terbaru Kreditplus, Ini Persayaratannya

Tidak hanya fokus pada kebersihan fisik, warga Desa Sida Mukti juga mengedepankan edukasi lingkungan. Sekolah-sekolah di wilayah desa Sida Mukti mengadakan pelestarian lingkungan, melibatkan anak-anak untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar.

Dengan kerja keras dan semangat gotong royong yang tinggi, Desa Sida Mukti optimis dapat meraih hasil terbaik dalam LKBA. Warga berharap upaya mereka tidak hanya memberikan kemenangan, tetapi juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebersihan dan keindahan lingkungan.

“Kami yakin Desa Sida Mukti bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain,” ujar Bu Rahma, salah satu warga yang turut serta. “Gotong royong ini bukan hanya untuk lomba, tetapi juga untuk masa depan kita bersama.”

Gotong royong yang berlangsung di Desa Sida Mukti tidak hanya menghasilkan lingkungan yang lebih bersih dan indah, tetapi juga memperkuat rasa kebersamaan dan persatuan di antara warganya. Semangat ini diharapkan terus terjaga dan menjadi tradisi yang berkelanjutan di masa mendatang.

Desa Sida Mukti kini siap menyambut tim penilai LKBA dengan bangga, menunjukkan bahwa kebersihan dan keindahan adalah bagian dari identitas mereka sebagai sebuah komunitas yang solid dan peduli terhadap lingkungan.(Cep red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *