Tanda WA Sedang Disadap & Dibajak Terlihat Jelas, Cek HP Anda

oleh

Compas kota news.com – Masyarakat harus selalu waspada terhadap risiko penyadapan atau pembajakan akun media sosial. Khususnya, kepada pengguna WhatsApp yang harus secara ketat berhati-hati terhadap risiko itu.Hal itu karena pelaku kejahatan bisa mengakses ke dalam platform dan berpura-pura sebagai pengguna asli. Pengguna juga bisa mengenal ciri-ciri akun yang di bajak.

Tanda WA Sedang Disadap
waspada terhadap risiko penyadapan atau pembajakan akun media sosial

Pelaku yang berniat jahat juga bisa memanfaatkan WhatsApp kita, nomor kontak di dalamnya, dan aneka informasi. Bahkan pelaku melancarkan modus penipuan terhadap orang lain.

1. One time password (OTP)

Dikirimkan melalui SMS saat pengguna akan masuk ke akun WhatsApp. Jika ada SMS berisi kode enam digit tersebut, ada pihak lain yang mencoba mengakses akun di perangkat lain, dan abaikan saja pesan yang masuk dan jangan memberikan kode one time pasword (OTP) ke siapapun.

2. Keluar dari WhatsApp Web

Ciri lainnya adalah tiba-tiba saja keluar dari WhatsApp dan artinya ada yang mencoba mengakses akun Anda. Untuk melihat perangkat mana yang masuk ke platform tersebut, tekan ikon tiga titik di bagian kanan atas aplikasi. Pilih mode WhatsApp Web dan akan terlihat perangkat mana yang menggunakannya.

3. Pesan Terlihat sudah terbaca

Jika Anda melihat pesan yang telah terbaca namun tidak pernah membacanya, kemungkinan akun WhatsApp anda sedang dibajak atau disadap oleh orang yang tidak bertanggung jawab

4. Pesan Terkirim Sendiri

Ciri lainnya adalah adanya pesan yang dikirimkan sendiri, namun Anda tidak pernah mengirimkannya.Anda bisa menghindari risiko pembajakan WhatsApp dengan mengaktifkan fitur two-step verification yang ada di dalam WhatsApp. Pelaku kejahatan akan kesulitan masuk ke akun korbannya karena tidak mengetahui PIN fitur tersebut.

BACA JUGA :  Bawa Pengacara ke Alfamart Seorang Pencuri Kena Mental di Tantang Hotman Paris

Berikut cara untuk mengaktifkannya:1. Masuk ke aplikasi WhatsApp2. Klik ikon tiga titik3. Masuk ke menu Settings4. Selanjutnya menuju ke pengaturan Account.

5. Pilih Two-step verification

WhatsApp akan meminta mengaktifkan fitur dengan memasukkan PIN. Klik enable untuk mengaktifkan fitur.

6. Buat PIN dengan memasukkan enam digit angka

7. Selanjutnya masukkan alamat email yang terhubung dengan akun. Ini bertujuan untuk jika suatu saat ingin mengganti PIN. (tf)

1 thoughts on “Tanda WA Sedang Disadap & Dibajak Terlihat Jelas, Cek HP Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *