Peringatan Cuaca Ekstrem: Banten Siaga Hadapi Hujan Lebat, Petir, dan Angin Kencang Hari Ini, 17 Maret 2024

oleh

Serang Banten || Compaskotanews.com —
Hari ini, Provinsi Banten berada dalam kewaspadaan tinggi menghadapi potensi cuaca ekstrem. Berdasarkan prakiraan BMKG, kondisi cuaca di Banten pada tanggal 17 Maret 2024 menunjukkan adanya perubahan yang signifikan. Dari pagi hingga malam hari, langit diprediksi akan mendung dengan potensi hujan lebat dan petir yang menyertainya.

Pagi hari dimulai dengan awan mendung yang menyelimuti sebagian besar wilayah Banten. Beberapa daerah seperti Cileles, Cimarga, dan Leuwidamar berpotensi mengalami hujan sedang, sementara di beberapa wilayah lain seperti Mandalawangi dan Pandeglang, hujan ringan diperkirakan turun. Situasi ini menuntut warga untuk lebih waspada dalam beraktivitas di luar rumah.

Kondisi cuaca pada siang hari tidak menunjukkan banyak perubahan, dengan langit tetap berawan di sebagian besar wilayah Banten. Daerah-daerah seperti Labuan, Carita, dan Panimbang diprediksi akan mengalami hujan sedang, sementara hujan ringan diperkirakan turun di beberapa wilayah lain seperti Cilegon dan Serang. Ancaman petir dan angin kencang juga tetap menjadi perhatian utama.

Ketika malam tiba, awan mendung masih menggelayuti langit Banten. Hujan ringan diprediksi akan terjadi di beberapa daerah seperti Labuan, Carita, dan Panimbang. Meskipun intensitasnya tidak sebesar hujan pada siang hari, tetap diperlukan kewaspadaan ekstra terutama bagi warga yang berada di luar rumah.

Menghadapi dini hari, prakiraan cuaca masih menunjukkan langit yang berawan dengan potensi hujan ringan di beberapa daerah seperti Cilegon, Serang, dan Anyer. Kondisi ini mengingatkan semua orang untuk tetap waspada terhadap kemungkinan cuaca yang tidak menentu.

Berdasarkan data BMKG, suhu udara di Banten diperkirakan berkisar antara 23 hingga 32 °C dengan kelembapan udara mencapai 60 hingga 95%. Angin dari arah Barat Daya hingga Barat dengan kecepatan 05 hingga 45 km/jam juga turut memengaruhi kondisi cuaca di wilayah tersebut.

BACA JUGA :  Cilegon Terkaya Nomor 4, Berikut 10 Daftar Kota Terkaya Di Indonesia

Selain itu, peringatan dini dari BMKG juga mengingatkan akan potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Wilayah-wilayah seperti Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon menjadi fokus utama peringatan ini. Gelombang tinggi di beberapa perairan juga menjadi perhatian serius bagi keselamatan pelayaran.

Dengan demikian, kewaspadaan dan kesiapan dalam menghadapi kondisi cuaca ekstrem sangatlah penting bagi semua warga Banten. Diharapkan dengan adanya peringatan ini, semua pihak dapat melakukan langkah-langkah preventif untuk mengurangi risiko dampak buruk dari cuaca yang tidak menentu.

***Ckn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *