Lonjakan Pencari Kerja Setelah Lebaran: Kantor Disnakertrans Kota Serang Dipadati Pemohon Kartu Kuning

oleh

Kota Serang, 27 April 2024 || Compaskotanews.com —
Kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kota Serang menjadi sorotan pada tanggal 26 April 2024. Pemandangan yang memukau, dengan para pencari kerja memenuhi ruangannya, antre dengan sabar untuk mendapatkan kartu AK-1 atau yang populer disebut kartu kuning sebagai salah satu syarat penting dalam melamar pekerjaan.

Tidak hanya itu, pemandangan unik terjadi sejak pagi hari, dimana mereka bahkan rela duduk di lantai halaman kantor sambil menunggu giliran untuk membuat kartu kuning. Alasannya sangat sederhana, mereka ingin mempersiapkan segala kebutuhan untuk melamar pekerjaan setelah momen lebaran Idul Fitri, dimana banyak perusahaan membuka lowongan pekerjaan.

Meski tanpa mengetahui persis perusahaan mana yang menjadi tujuan mereka, para pencari kerja sadar akan pentingnya memiliki kartu kuning sebagai salah satu persyaratan utama dalam dunia kerja. “Datang kesini untuk buat kartu kuning buat ngelamar kerja. Ngelamar kerja kemana aja yang cepet,” ungkap salah satu pencari kerja, Farurozi.

Pihak Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kota Serang mengakui keheranannya dengan jumlah pemohon kartu kuning yang membludak, mengingat biasanya lonjakan ini terjadi setelah masa kelulusan sekolah. Mereka menduga, peningkatan ini disebabkan oleh kedatangan pendatang baru pasca Idul Fitri serta kebutuhan perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan setelah momen tersebut.

“Ada dua kemungkinan, kemungkinan pertama mungkin adanya pendatang ke Kota Serang, yang keduanya para perusahaan yang setelah libur lebaran mungkin karyawannya ada yang keluar. Sehingga bisa menganti posisi karyawan itu. Ada beberapa yang belum lulus sekolah tapi udah buat dengan ijazah yang sebelumnya,” jelas Kabid Penta Disnakertrans Kota Serang.

Tren lonjakan pemohon kartu kuning di Kantor Disnakertrans Kota Serang mencapai puncaknya, dengan jumlah mencapai 200 orang setiap harinya. Hal ini menjadi cerminan dari dinamika pasar kerja yang terus bergerak, memberikan harapan namun juga tantangan bagi para pencari kerja.

BACA JUGA :  Caleg 2024 Yang Masih di Ragukan Oleh Warga Masyarakat nya

(Tf/ref)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *