Plt Sekjen Kemendagri Tomsi Tohir: ASN Sejatinya adalah Pelayan Masyarakat

oleh

Plt. Sekjen Kemendagri Tomsi Tohir pada acara Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, dan Pejabat Fungsional di Lingkungan Kemendagri di Ruang Sidang Utama (RSU) Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Kamis (6/6/2024).

Jakarta, 06 Juni 2024 || Compaskotanews.com – Penjabat Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Tomsi Tohir, menegaskan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki peran utama sebagai pelayan masyarakat.

Dalam keterangannya di Jakarta pada hari Kamis, Tomsi menyatakan bahwa ASN di berbagai bidang harus menghasilkan hasil yang bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini, menurutnya, merupakan tanggung jawab moral dan profesional setiap ASN dalam menjalankan tugasnya.

“Bagi teman-teman yang bertugas untuk melayani, juga harus melihat perasaan dan berempati kepada orang yang dilayani,” tegas Tomsi. Ia menekankan pentingnya sikap empati dalam pelayanan publik agar masyarakat merasa diperhatikan dan dilayani dengan baik.

Tomsi mengharapkan para pegawai yang baru dilantik dapat membawa perubahan positif dalam birokrasi dan unit kerja masing-masing. Perubahan ini diharapkan mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan kepada masyarakat.

ASN di Kemendagri, lanjut Tomsi, harus mengedepankan kemandirian, profesionalisme, dan kolaborasi. Ketiga prinsip ini dianggap penting untuk mendukung lahirnya berbagai kreativitas dan terobosan di berbagai bidang. Tomsi percaya bahwa dengan mengedepankan nilai-nilai ini, ASN dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pembangunan nasional.

Selain itu, Tomsi menekankan bahwa pegawai yang dilantik harus bertanggung jawab di tempat tugas yang baru. Tugas yang diberikan harus dikerjakan dengan baik dan tuntas. Menurutnya, tanggung jawab ini merupakan bentuk komitmen terhadap tugas dan fungsi ASN sebagai pelayan masyarakat.

Tomsi juga mengingatkan para pegawai untuk selalu berusaha memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diemban. “Yakinlah kalau kita berusaha yang terbaik maka hasilnya akan yang terbaik,” ujarnya. Keyakinan ini diharapkan dapat memotivasi ASN untuk bekerja lebih giat dan memberikan hasil yang optimal.

BACA JUGA :  Terbukti Melakukan Lpj Fiktif Tahun 2018 - 2019 Kepala Desa Ngariboyo Diancam 4 Tahun Penjarah, Tersangkut Kasus Korupsi Dana Desa

Pada kesempatan tersebut, Tomsi melantik beberapa pejabat baru di lingkungan Kemendagri. Pejabat yang dilantik antara lain satu pejabat pimpinan tinggi pratama sebagai Sekretaris Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN), dua pejabat administrator di lingkungan Sekretariat Jenderal (Setjen) dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), serta enam pejabat pengawas di lingkungan Setjen dan BSKDN.

Selain itu, dua pejabat fungsional juga dilantik untuk bertugas di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) dan Setjen. Pelantikan ini diharapkan dapat membawa semangat baru dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Kemendagri.

Tomsi berharap bahwa para pejabat yang dilantik dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan organisasi. Ia juga mengharapkan mereka dapat menjadi contoh yang baik bagi ASN lainnya dalam hal profesionalisme dan dedikasi terhadap tugas.

Di akhir acara pelantikan, Tomsi kembali menekankan pentingnya kerja sama dan kolaborasi antar pegawai. Menurutnya, dengan bekerja sama, berbagai tantangan dalam pelayanan publik dapat diatasi dengan lebih efektif dan efisien.

Dengan demikian, pelantikan pejabat baru ini diharapkan tidak hanya membawa perubahan dalam struktur organisasi, tetapi juga memberikan dampak positif bagi pelayanan publik yang lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

(Tf/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *