Kesbang Pol Kab.Tangerang Selalu Sinergi Dengan BNPT Sebagai Mitra Kerja Dalam Antisipasi Radikalisme

oleh

Kesbang Pol Kab Tangerang di akhir tahun dan di tahun Politik terus berupaya untuk memberikan Sosialisasi tentang Radikalisme di daerah nya dalam ikut serta meantisipasi terhadap gangguan ideilogi pancasila dan untuk menjaga keutuhan NKRI.

Tangerang Banten || Compaskotanews.com — Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tangerang menggelar rapat koordinasi kondusifitas di Hotel Yasmin, Binong-Curug, pada 28 November 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh perangkat kecamatan, termasuk Kepala Seksi Pemerintahan dan Kepala Seksi Ketentraman, Ketertiban, dan Perlindungan Masyarakat (Trantiblinmas), serta mendatangkan nara sumber dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Rudi Lesmana, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Tangerang, menyampaikan bahwa perangkat kecamatan memiliki peran penting dalam meningkatkan kewaspadaan dini terhadap ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan ketentraman, ketertiban, dan perlindungan masyarakat. Rapat ini fokus membahas strategi pencegahan radikalisme dan terorisme dengan panduan dari BNPT.

Sekretaris Badan Kesbangpol, Encep Sahayat, menegaskan bahwa rapat tersebut bertujuan untuk mengkoordinasikan langkah-langkah dalam menjaga kondusifitas daerah Kabupaten Tangerang, khususnya terkait pencegahan radikalisme dan terorisme.

Narasumber dari BNPT, Catur Iman Pratignyo, menjelaskan bahwa intoleransi adalah penolakan terhadap hak politik dan sosial kelompok yang tidak disetujui, sementara radikalisme mencakup ideologi yang ingin merubah sistem sosial dan politik dengan cara kekerasan. Pratignyo juga menyoroti pentingnya menghindari sikap intoleran, anti Pancasila, anti NKRI, penyebaran paham takfiri, dan disintegrasi bangsa sebagai upaya pencegahan.

(Tf/red)

BACA JUGA :  Terbukti Melakukan Lpj Fiktif Tahun 2018 - 2019 Kepala Desa Ngariboyo Diancam 4 Tahun Penjarah, Tersangkut Kasus Korupsi Dana Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *