10 Cara Sederhana Mengolah Timun Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Tubuh

oleh
Manfaat timun untuk kecantikan dan kesehatan

CompasKotaNews.com – Timun dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Mengkonsumsi timun atau menggunakannya sebagai masker wajah dapat membantu menghaluskan kulit, mencerahkan warna kulit, dan mengurangi kerutan. Timun juga mengandung vitamin C yang dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, timun juga mengandung zat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan menjadikan kulit terlihat lebih sehat dan bercahaya.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengolah timun, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengkonsumsi timun sebagai sayuran mentah. Potong timun menjadi potongan-potongan kecil dan tambahkan ke dalam salad atau masukkan ke dalam sandwich atau burger.

2. Membuat jus timun. Potong timun menjadi potongan-potongan kecil dan masukkan ke dalam blender. Tambahkan sedikit air dan blender hingga halus. Anda dapat menambahkan sedikit perasan lemon atau jeruk nipis untuk memberikan rasa yang lebih segar.

3. Menggunakan timun sebagai masker wajah. Potong timun menjadi potongan-potongan kecil dan blender hingga halus. Aplikasikan masker timun pada wajah yang telah dibersihkan dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

4. Menggunakan timun sebagai toner wajah. Potong timun menjadi potongan-potongan kecil dan blender hingga halus. Saring jus timun menggunakan kain atau saringan dan tuang ke dalam wadah. Gunakan jus timun sebagai toner wajah setelah membersihkan wajah dengan sabun.

5. Menggunakan timun sebagai pembersih alat make up. Potong timun menjadi potongan-potongan kecil dan blender hingga halus. Saring jus timun menggunakan kain atau saringan dan tuang ke dalam wadah. Gunakan jus timun untuk membersihkan alat make up seperti spons atau kuas make up.

BACA JUGA :  8 Kebiasaan Sehat yang Dapat Merubah Hidup Anda

Agar bervariasi dapat juga di olah dengan cara sebagai berikut:

1. Mengukus timun. Potong timun menjadi potongan-potongan kecil atau sesuai selera. Letakkan timun di dalam wadah yang cocok untuk diukus dan tambahkan sedikit air. Ukus timun selama 10-15 menit atau sampai timun menjadi empuk.

2. Menumis timun. Potong timun menjadi potongan-potongan kecil atau sesuai selera. Panaskan minyak goreng di dalam wajan dan tumis timun hingga layu. Anda dapat menambahkan bumbu atau rempah-rempah sesuai selera untuk memberikan rasa yang lebih enak.

3. Menggoreng timun. Potong timun menjadi potongan-potongan kecil atau sesuai selera. Panaskan minyak goreng di dalam wajan. Lumuri timun dengan tepung atau telur dan goreng hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan minyaknya dengan menggunakan kertas penyerap.

4. Memasak timun bersama sayuran lain. Potong timun menjadi potongan-potongan kecil atau sesuai selera. Anda dapat memasak timun bersama sayuran lain seperti wortel, kentang, atau kacang-kacangan. Tambahkan bumbu atau rempah-rempah sesuai selera dan masak hingga semua bahan empuk.

5. Membuat sup timun. Potong timun menjadi potongan-potongan kecil atau sesuai selera. Anda dapat membuat sup timun dengan menambahkan bahan-bahan seperti daging, ayam, atau kacang-kacangan. Tambahkan bumbu atau rempah-rempah sesuai selera dan masak hingga semua bahan empuk.

(Red/CKN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *