RT Dan RW Kalurahan Kalodran Menyinggung, Musrenbang Jangan DiJadikan Seremonilal Dan Rapat Ajang Tahunan Belaka

oleh
Lurah Kalodran dalam pemaparan di hadapan warga Masyarakat Kalurahan Kalodran di acara rapat musrenbang usulan tahun 2023 -2024

Kota Serang, Compas kota news.com — Pemerintah kelurahan Kalodran kecamatan Walantaka kota serang melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2023. Kegiatan berlangsung di aula kantor Sekretariat Rukun warga 05 kelurahan Kalodran, Selasa (17/01/2023)

Kegiatan yang rutin digelar di setiap awal tahun tersebut merupakan amanat dari undang-undang nomor 25 tahun 2004. Untuk menghimpun usulan dari harapan dan ke inginan masyarakat Kalurahan Kalodran terhadap pembangunan yang akan dilaksanakan dengan pagu anggaran pada tahun yang akan datang di 2024.

peserta undangan rapat musrenbang di hadiri dari semua masyarakt Rt dan Rw, media Lsm

Untuk diketahui bahwa pemerintah kota serang melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) sudah menyediakan aplikasi bernama Sistem Informasi Perencanaan Pendanaan Pembangunan Wilayah Kelurahan (Sibangwildan) yang nantinya, Hanya ada 8 dari 10 usulan hasil Musrenbang kelurahan yang di input kedalam aplikasi tersebut.

Kepala kelurahan Ninis menyebut bahwa pada kegiatan Musrenbang tahun 2023 ini mayoritas usulannya masih seputar sarana dan prasarana pembangunan fisik yang ada di lingkungan masing masing dari Rt dan Rw sekelurahan Kalodran.

“Walaupun memang pada tahun sebelumnya pemerintah kota serang juga sudah melaksanakan apa yang diusulkan oleh masyarakat. Tetapi memang belum merata seluruhnya tersentuh. Jelasnya

Rt 20 Puri Anggrek Bapak Arahap menyampaikan pendangan nya kepada naraumber yang dari Bapeda dan Perkim kota serang “tolong Bapak dan ibu yang ada di depan, kami masih mengingat musrembang tahun 2022 yang di usulkan banyak, akan tetapi hasil nya tidak sesuai yang menjadi harapan masyarakat, kami ingin acara rapat tahunan musrembang jangan di jadikan seremonial belaka di hadapan masyarakat yang hadir pada hari ini, tapi harus prioritas menjadi sebuah catatan bagi Bapak Ibu yang mempunyai kewenangan untuk menampung semua aspirasi masyarakat dari musrembang hari ini. “Tutur Arahap

BACA JUGA :  Apel Pembinaan Pegawai ASN Di Dispenbud Kota Serang

“Dari sekian banyaknya usulan, Memang mayoritas mengarah kepada pembangunan fisik sarana dan prasarana seperti jalan gang dan drainase lingkungan. “Tutur Ninis kepada awak media Compaskotanews.com.
Saat disinggung mengenai realisasi dari usulan Musrenbang ditahun sebelumnya, Edi Purwanto Rw 05 Puri anggrek menyebutkan cara menggunakan aplikasi Sibangwildan tidak semua Masyarakat tau dan bisa untuk Online masuk ke aplikadi tersebut, bahkan Pemgurus Rw 05 puri anggrek antusias dan bergadang di kantor ini (sekretariat Rw 05 puri anggrek) dalam membentuk sebuah usulan tahun 2021 lewat Online Aplikasi Sibangwildan, tapi kenyataan nya nihil di tahun 2022 dari program musrembang yang di usulkan oleh warga Mayarakat nya.”Tegas Edi

Menurut, Pemerintah kota serang melalui dinas terkait seperti PUPR dan Perkim sudah sangat maksimal dalam pembangunan, hanya saja mesti bertahap mengingat pagu anggaran juga sangat terbatas.

Peserta hadir di beri kesempatan untuk bertanya

Pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah kota serang memang sudah sangat dirasakan oleh masyarakat, salah satunya melalui Dinas PUPR dan DPRKP. Hanya saja mungkin anggaran yang minim dan terbatas sehingga perlu berjenjang.

Pada kegiatan Musrembang Kelurahan Kalodran tahun anggaran 2023 itu turut dihadiri oleh perwakilan Camat Walantaka beserta unsur tiga pilar muspika kecamatan Walantaka, Camat, Kapolsek dan Danramil serta para Ketua RT, RW, Tokoh masyarakat dan kader PKK Se-kelurahan Kalodran (toni/Ckn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *